Riwayat Pendidikan Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri Perempuan Pertama Indonesia

Kamis, 06 Juni 2024 - 15:37 WIB
Perempuan asal Venetie Van Java ini kemudian melanjutkan pendidikannya ke luar negeri dengan mengambil beberapa prodi, yang diantaranya "Undang-Undang Uni Eropa" di Haagse Hogeschool di Den Haag dan "Studi Hak Asasi Manusia" di Universitas Oslo.

Setelah lulus, Retno lantas bergabung dengan Kementerian Luar Negeri pada tahun 1986 dan telah bertugas di berbagai pos. Seperti Kedutaan Besar Indonesia di Canberra (1990-1994) dan di Den Haag (1997-2001).

Baca juga: Tegas, Retno Marsudi Ungkap Ada Upaya Sistematis Israel Hancurkan Palestina

Retno juga sempat menjadi Direktur Kerjasama Intra dan Antar Regional Amerika dan Eropa tahun 2001, Direktur Eropa Barat tahun 2003, dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Norwegia dan Republik Islandia di 2005.

Kemudian di tahun 2008, dirinya dipercaya menjadi Direktur Jenderal Amerika dan Eropa hingga tahun 2012. Setelah itu menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda hingga tahun 2014, barulah setelah itu dirinya ditunjuk menjadi Menteri Luar Negeri.

Demikian informasi riwayat pendidikan Menlu Retno Marsudi , menteri luar negeri perempuan pertama di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat.
(nnz)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More