9 Jurusan IPS Minim Peminat Namun Punya Prospek Kerja Tinggi nan Menjanjikan

Jum'at, 05 Juli 2024 - 09:32 WIB
Telah banyak universitas yang membuka jurusan ini sebagai salah satu prodinya, misalnya saja seperti UNS, UB, Universitas Jenderal Soedirman, UI, Unair, hingga Universitas Sriwijaya.

4. Arkeologi



Arkeologi jadi jurusan yang jarang diminati lantaran masih banyak orang yang belum tahu akan prospeknya. Padahal lulusan ini dapat bekerja di instansi pemerintah macam Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala dan Pusat Perawatan Arsip, atau menjadi pegawai museum.

Beberapa perguruan tinggi yang telah mempunyai prodi ini adalah Unhas, UGM, UI hingga Universitas Jambi.

5. Sastra Jawa



Mari kita mengenal jurusan Sastra Jawa. Jurusan ini banyak mengkaji tentang karya sastra dalam bahasa Jawa sebagai fenomena sosial dan budaya. Prospek untuk lulusannya dapat menjadi sastrawan, pengamat budaya, dosen, dan seniman.

Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Sebelas Maret (UNS) jadi beberapa perguruan tinggi yang menyediakan prodi Sastra Jawa.

6. Sejarah



Sejarah dikenal sebagai ilmu yang mempelajari masa lalu dari berbagai konteks, seperti geografi, budaya, ekonomi, politik, seni, agama, hingga militer. Lulusannya nanti tidak hanya menjadi sejarawan, namun juga peneliti, penulis, hingga dosen.

Alumni sejarah juga bisa bekerja sebagai jurnalis atau arkeolog. Universitas yang menyediakan jurusan ini di antaranya, Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Airlangga (Unair), UI, Universitas Hasanuddin (Unhas), hingga UNS.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More