Prof Budi Santoso Batal Dicopot, Rektor Unair: Kami Mohon Maaf

Selasa, 09 Juli 2024 - 19:50 WIB
Rektor Unair Prof Nasih (kanan) dan Dekan FK Prof Budi Santoso saat konferensi pers di Kampus C Unair, Selasa (9/7/2024).Foto/Masdarul
SURABAYA - Pemecatan Prof Budi Santoso dari Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) berakhir bahagia. Prof Bus, panggilan Budi Santoso, akhirnya kembali menjabat Dekan Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga (FK Unair).

Rektor Unair, Prof Mohammad Nasih menyampaikan hal itu di hadapan media, Selasa (9/7/2024) di Kampus C. "Saya sudah menerima surat dari Prof Bus (panggilan Prof Budi Santoso), tulisan tangan agak sulit dibaca. Tapi saya sudah paham intinya. Dan Alhamdulillah, Prof Bus menjabat kembali sebagai Dekan FK Unair. Kami mohon maaf, serial ini berakhir sampai di sini," kata Prof Nasih dalam keterangannya.

Diakui Prof Nasih tidak ada yang mendadak dari semua kejadian itu. Semua sudah melalui proses yang sudah sesuai. "Media saja yang tahunya mendadak," kilahnya.





Diakui Prof Nasih, Unair ini punya banyak perjanjian, punya banyak fungsi yang harus dijaga dengan komitmen. "Kapan kita ini bertindak sebagai bapak, suami, istri, kapan jadi pejabat, PNS (pegawai negeri sipil) dan kapan sebagai dokter," jelasnya.

Prof Nasih menegaskan, Unair tidak membatasi apapun asalkan berada di bawah koridor dan di mimbar akademik. "Kita punya 3.500 publikasi yang semua itu kebebasan akademik. Sifatnya akademik" tandasnya.

Prof Budi Santoso yang hadir menemui media bersama Prof Nasih mengaku senang dengan semua ini. Prof Bus mengaku salah atas semua kejadian ini. "Mungkin semua salah saya. Saya yang mengatasnamakan pribadi kelewatan mengatasnamakan institusi. Saya meminta maaf atas semua ini," tuturnya

Kasus ini bergulir saat Prof Bus menerima SK pemberhentian sebagai dekan FK pada Rabu (3/7/2024). Sebelumnya pada Senin (1/7/2024) Prof Bus dipanggil Rektor Unair tentang masalah pemberitaan impor dokter dari luar negeri.

Permasalahan berlarut-larut hingga tim FK Unair menemui rektor dan bermediasi. Prof Bus sendiri didampingi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya mengirimkan surat ke Rektor Unair.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More