Deg-degan Menunggu Pengumuman SIMAK UI 2024? Begini Penentuan Nilai Kelulusan Peserta

Rabu, 17 Juli 2024 - 08:50 WIB
UI menerapkan penentuan kelulusan yang tinggi pada SIMAK UI 2024. Foto/Humas UI.
JAKARTA - UI menerapkan penentuan kelulusan yang tinggi pada SIMAK UI 2024. Hal ini untuk mencegah praktik ketidakjujuran dan oknum yang tidak bertanggungjawab yang mengklaim dapat meloloskan peserta.

Dikutip dari laman Universitas Indonesia (UI), Rabu (17/7/2024), Seleksi Masuk (SIMAK) UI telah digelar ujiannya pada Minggu, 14 Juli 2024. Isu yang mengemuka adalah kabar adanya pihak-pihak yang mengaku dapat membantu melalui praktik perjokian.

Baca juga: Daftar SIMAK UI 2024? Ini Jadwal Pengumuman Hasilnya yang Perlu Diketahui



Tidak hanya pada saat ujian ada kabar joki yang bisa membantu, Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UI juga menerima pertanyaan mengenai pihak yang menawarkan bantuan yang mengaku sebagai orang dalam.

Penggabungan Skor UTBK dan SIMAK UI



UI senantiasa menjunjung tinggi kejujuran dalam penyelenggaraan seleksi mandiri. Maka dari itu, mekanisme penentuan kelulusannya salah satunya dari gabungan skor UTBK dan skor SIMAK (50 persen skor UTBK dan 50 persen skor SIMAK) dalam penentuan kelulusan seseorang melalui jalur seleksi mandiri untuk Kelas Reguler.

Baca juga: 4 Tips Pilih Jurusan Kuliah di SIMAK UI 2024, Penting Ketahui Daya Tampung!

UI juga memperhatikan kewajaran dan konsistensi skor yang diperoleh seorang peserta seleksi pada saat mengikuti UTBK dan pada saat mengikuti SIMAK. Selain itu, UI juga memiliki mekanisme untuk meminimalkan potensi kecurangan yang dilakukan peserta ujian dalam mengikuti SIMAK.

Dalam hal seleksi mandiri Kelas Khusus Internasional FKUI, mereka yang dinyatakan lulus Ujian Tulis SIMAK UI, harus mengikuti 2 tes berikutnya, yaitu MMPI dan MMI.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More