President University Tempati Peringkat ke-1 WURI se-Indonesia Kategori Culture/Values

Rabu, 24 Juli 2024 - 17:01 WIB
President University (Presuniv) berhasil menempati peringkat ke-1 versi World’s Universities with Real Impact (WURI) untuk kategori Culture/Values. Foto/PresUniv.
JAKARTA - President University (Presuniv) berhasil menempati peringkat ke-1 versi World’s Universities with Real Impact (WURI) untuk kategori Culture/Values. Sementara, untuk kategori yang sama di tingkat dunia, yang daftarnya berisi 100 universitas, Presuniv menempati peringkat ke-9.

Pemeringkatan versi WURI lebih fokus pada inovasi dan dampak sosialnya ketimbang reputasi akademik atau hasil riset dan publikasinya. WURI juga sangat menonjolkan kolaborasi dengan industri, entrepreneurship, mobilitas mahasiswa dan keterbukaan, serta kemampuannya dalam manajemen krisis.

Baca juga: President University Resmi Buka Prodi S2 Hukum di Jakarta, Ini Keunggulan dan Cara Daftarnya



Sementara, pemeringkatan versi lain lebih fokus pada capaian kinerja akademik, rasio antara dosen/staf dengan mahasiswa, rasio mahasiswa internasional dengan mahasiswa lokal, atau hasil-hasil penelitiannya.

Salah satu yang menonjol dari kriteria WURI adalah keterkaitan antara universitas dengan industri. Fokusnya adalah pada bagaimana universitas bekerja sama dengan industri dan melakukan penelitian yang benar-benar dapat diterapkan.

Peringkat untuk kategori Culture/Values versi WURI ini juga berisi beberapa universitas terkemuka di dunia. Misalnya, University of Milan, Italia, di peringkat ke-14, Griffith University (Australia, 22), King’s College (London, Inggris, 24), University of Tsukuba (Jepang, 49), University of Glasgow (Skotlandia, 55), University of West England (Inggris, 60), Universiti Teknologi Petronas (Malaysia, 87), atau bahkan Australian National University, Australia, yang berada di peringkat ke-93.

Setiap tahun WURI selalu mengumumkan peringkat 300 universitas di seluruh dunia yang dinilai paling inovatif. Untuk tahun 2024, WURI mengumumkan peringkat tersebut pada 7 Juni lalu di Franklin University Switzerland, Swiss. Universitas tersebut untuk tahun ini menempati peringkat ke-29. Peringkat pertama ditempati oleh Minerva University, San Francisco, California.

Baca juga: President University Buka Prodi S1 Hospitality and Tourism Business di KEK Tanjung Lesung

Universitas top dunia, seperti Massachusetts Institute of Technology atau MIT menempati peringkat ke-3, Stanford University di posisi ke-5, dan Harvard University 12. Untuk kawasan Asia, dua kampus asal Korea Selatan, yakni Incheon National University dan Seoul National University, masing-masing menempati peringkat ke-13 dan ke-16.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More