Tim Riset UKWMS Kembangkan Mesin Produk Silase, Komoditas Pakan Ternak Meningkat

Kamis, 25 Juli 2024 - 13:25 WIB
Tim riset dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) berhasil menemukan mesin produksi silase. Foto/UKWMS.
SURABAYA - Tim riset dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) berhasil menciptakan mesin produksi silase. Temuan mesin yang didukung oleh Kemendikbudristek dalam platform Kedaireka tersebut untuk menjawab kebutuhan ketersediaan pakan ternak ruminansia seperti sapi, kambing, kerbau yang terutama saat musim kemarau mengalami krisis pakan.



Kegiatan kolaborasi antara perguruan tinggi dan mitra Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dalam hal ini PT Agro Indah Permata 21 ini juga mendukung program kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) khususnya magang industri mahasiswa.



Berbekal rekam jejak riset dan pengembangan berkelanjutan di bidang teknologi tepat guna pengolahan pascapanen, Tim riset yang merupakan dosen Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Hadi Santosa dan Yuliati melakukan rancang bangun teknologi otomasi proses pembuatan silase berbahan biomassa batang sorgum.



Teknologi tersebut meliputi teknologi mesin pencacah hijauan batang sorghum (chopper), alat penyemprotan dan pencampuran larutan mikroorganisme (spray dan mixing) serta mesin pengantongan (packaging) terintegrasi dalam satu lini produksi.

"Mitra dunia usaha dunia industri DUDI belum dapat memenuhi permintaan (demand) kebutuhan silase pakan ternak karena keterbatasan kapasitas dan teknologi proses produksi silase pakan ternak," ungkap Hadi Santosa, Kamis (25/7/2024).



Dijelaskan, beberapa pekerjaan dalam proses produksi masih dikerjakan secara manual, seperti teknologi /kapasitas mesin chopper yang hanya berkapasitas maksimum lebih kurang 7-8 ton perhari sedangkan permintaan pasar mencapai kurang lebih 50 ton/harinya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More