Kamu Mahasiswa Baru? Ini 6 Soft Skill yang Penting Dikuasai Demi Masa Depan

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 10:00 WIB
Keterampilan public speaking menjadi salah satu soft skill yang penting dikuasai mahasiswa baru untuk investasi di masa depan. Foto/Ist
JAKARTA - Ini 6 soft skill yang harus segera dikuasai mahasiswa baru agar kariernya bagus di masa depan. Memasuki dunia perkuliahan adalah langkah besar dalam hidup setiap orang. Sebagai mahasiswa baru, ada banyak keterampilan atau soft skill yang perlu dipelajari untuk memastikan sukses tidak hanya selama masa kuliah tetapi juga setelah lulus. Soft skill apa saja? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

6 Skill yang Perlu Dikuasai Mahasiswa Baru



1. Public Speaking





Public speaking atau kemampuan berbicara di depan umum adalah keterampilan yang sangat penting. Mahasiswa sering kali dihadapkan pada situasi di mana mereka harus menyampaikan presentasi, berpartisipasi dalam diskusi kelompok, atau bahkan memimpin pertemuan.

Kemampuan ini membantu meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan untuk menyampaikan ide dengan jelas dan meyakinkan. Mengikuti kursus public speaking atau bergabung dengan organisasi seperti Toastmasters bisa sangat membantu dalam mengasah keterampilan ini.

2. Kemampuan Menulis



Kemampuan menulis yang baik adalah dasar dari banyak aspek kehidupan akademik. Mahasiswa perlu menulis esai, laporan penelitian, dan berbagai jenis dokumen lainnya.

Keterampilan ini tidak hanya penting untuk mendapatkan nilai yang baik tetapi juga sangat berharga dalam karir profesional.

Mampu menulis dengan jelas, ringkas, dan efektif akan membedakan seseorang dalam dunia kerja. Mengambil kursus menulis atau berlatih secara rutin dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More