Deretan Jurusan Kuliah Termahal di Indonesia, Nomor Satu Sudah Jadi Rahasia Umum

Selasa, 13 Agustus 2024 - 15:42 WIB

4. Farmasi



Mahasiswa Farmasi akan mempelajari berbagai disiplin ilmu, termasuk kimia, biologi, teknologi farmasi, dan ilmu klinis. Ini memberikan mereka keterampilan yang beragam dan kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai peran dalam industri kesehatan. Kombinasi ilmu ini juga memungkinkan lulusan untuk berinovasi dalam pengembangan obat-obatan baru.

urusan Farmasi juga termasuk ke dalam deretan jurusan termahal karena membutuhkan biaya tinggi untuk praktikum, pembelian bahan kimia, dan lain sebagainya. Biaya kuliah Farmasi per semesternya mencapai Rp17,3 juta.

5. Keperawatan



Jurusan kesehatan yang satu ini juga termasuk berbiaya mahal karena memerlukan fasilitas dan peralatan lengkap untuk praktikum, termasuk laboraratorium kesehatan.

UKT yang dikeluarkan mahasisw Farmasi setiap semester juga termasuk tinggi. Sama dengan farmasi, rata-rata per semester berkisar Rp17.300.000.

6. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)



Rata-rata biaya kuliah jurusan MIPA itu berkisar Rp10 juta per semester dan itu pun belum termasuk dengan biaya hidup dan kebutuhan lainnya.

Meski bukan termasuk jurusan kesehatan, namun jurusan MIPA juga memerlukan akses laboratorium dan peralatan untuk eksperiman dan penelitian. Misalnya saja jurusan Kimia yang akan rutin menjalani praktikum.

7. Teknik

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More