7 Contoh Teks Laporan Hasil Obervasi tentang Tumbuhan dan Ciri-Ciri Penulisannya

Rabu, 14 Agustus 2024 - 09:41 WIB
Teks laporan hasil observasi adalah jenis teks yang menyajikan informasi dan data yang diperoleh dari proses pengamatan langsung. Foto/Freepik.
JAKARTA - Contoh teks laporan hasil observasi penting diketahui. Teks laporan hasil observasi adalah jenis teks yang menyajikan informasi dan data yang diperoleh dari proses pengamatan langsung terhadap objek, fenomena, atau kejadian tertentu.

Baca juga: 7 Contoh Teks Protokol Upacara 17 Agustus, Bisa Jadi Referensi

Tujuan utama dari teks ini adalah untuk memberikan laporan yang jelas, sistematis, dan objektif mengenai apa yang telah diamati, tanpa menambahkan opini atau interpretasi pribadi. Teks laporan hasil observasi umumnya terdiri dari tiga bagian utama: pernyataan umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat atau fungsi.



Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini struktur teks laporan hasil observasi terdiri dari tiga bagian sebagai berikut:

1. Pernyataan Umum



Bagian ini memberikan gambaran umum tentang objek yang diamati. Pernyataan ini mencakup informasi dasar mengenai objek atau fenomena tersebut, seperti jenis, lokasi, dan ciri-ciri umum.

2. Deskripsi Bagian

Baca juga: 28 Contoh Teks Kalimat Menggunakan Majas Metafora Lengkap dengan Artinya



Pada bagian ini, dilakukan penjabaran lebih rinci mengenai bagian-bagian dari objek yang diamati. Deskripsi ini mencakup detail tentang bentuk, warna, ukuran, dan karakteristik spesifik lainnya yang relevan.

3. Deskripsi Manfaat atau Fungsi

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More