5 Contoh Teks Eksposisi dalam Bahasa Jawa untuk Berbagai Tema, Siswa Simak Ya

Selasa, 30 Juli 2024 - 13:17 WIB
loading...
5 Contoh Teks Eksposisi...
Ini adalah contoh teks eksposisi dalam bahasa Jawa berbagai tema yang perlu diketahui siswa. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Ini adalah contoh teks eksposisi dalam bahasa Jawa berbagai tema yang perlu diketahui siswa. Adanya beragam tema memudahkan siswa dalam mengerjakan tugas sekolah .

Teks eksposisi adalah salah satu jenis teks yang bertujuan utama untuk memberikan informasi dan penjelasan kepada pembaca dengan cara yang jelas dan logis.

Baca juga: 5 Contoh Teks Identifikasi Masalah dalam Penelitian, Bisa Jadi Referensi Belajar

Teks ini bertujuan untuk menjelaskan atau menguraikan suatu ide, konsep, proses, atau fenomena secara rinci agar pembaca dapat memahaminya dengan baik. Biasanya, teks eksposisi berisi fakta-fakta dan bukti-bukti yang mendukung penjelasan yang diberikan.

Adapun ciri-ciri teks eksposisi ada empat. Yaitu bersifat informatif sehingga teks yang disajikan sesuai dengan fakta dan bukan opini pribadi. Kedua, strukturnya jelas terdiri dari pendahuluan, isi, dan penutup.

Baca juga: 15 Contoh Teks Amanat Pembina Upacara dari Berbagai Tema, Bisa Dijadikan Referensi

Kemudian teks eksposisi mempunyai ciri utama penjelasannya disusun secara logis dan sistematis. Teks eksposisi juga menggunakan bahasa yang objektif dan formal, bukan subjektif dan emosional.

5 Contoh Teks Eksposisi dalam Bahasa Jawa

1. Pentinge Nggunakake Masker ing Papan Umum


Ing kahanan pandemi kaya saiki, nggunakake masker ing papan umum minangka langkah penting kanggo nyegah panyebaran virus. Masker nduweni fungsi minangka penghalang fisik sing efektif kanggo nyuda resiko panularan.

Kaping sepisan, masker mbantu nglindhungi awake dhewe saka partikel virus sing bisa dihirup. Masker sing apik, kayata masker medis utawa masker N95, bisa nyaring partikel cilik sing bisa mbebayani.

Baca juga: 5 Contoh Teks Surat Lamaran Kerja, Referensi Biar Cepat Dilirik HRD

Kapindho, nganggo masker uga nglindhungi wong liya ing sekitar kita. Nalika kita ngomong, watuk utawa wahing, tetesan sing bisa ngemot virus bisa nyebar ing udara. Kanthi nganggo masker, kita bisa nyuda risiko nyebarake tetesan kasebut menyang wong liya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1584 seconds (0.1#10.140)