15 Contoh Teks Argumentasi Pendek dalam Bahasa Indonesia dengan Beragam Tema

Senin, 02 September 2024 - 14:27 WIB
Teks argumentasi adalah sebuah teks yang memberikan argumen kuat untuk meyakinkan pembaca. Foto/Freepik.
JAKARTA - Teks argumentasi adalah sebuah teks yang memberikan argumen kuat untuk meyakinkan pembaca. Penulis biasanya menggunakan teks ini untuk mengungkapkan pendapat mereka yang didukung oleh penjelasan dan alasan yang kokoh dengan tujuan mempengaruhi pandangan pembaca.

Berdasarkan buku ‘Bahasa Indonesia” oleh Grafindo Media Pratama, teks argumentasi sering kali dikembangkan menggunakan pola penalaran sebab-akibat. Dalam pola ini, penyebab disampaikan terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan dampaknya.

Berikut adalah 15 contoh teks argumentasi pendek dalam bahasa Indonesia dengan berbagai tema.



15 Contoh Teks Argumentasi Pendek dalam Bahasa Indonesia dengan Beragam Tema

1. Dampak Negatif Penggunaan Media Sosial



Media sosial kini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, penggunaan yang berlebihan dapat membawa dampak negatif, seperti isolasi sosial, gangguan mental, masalah tidur, serta penurunan produktivitas. Oleh karena itu, penggunaan media sosial perlu dilakukan dengan bijaksana.

2. Kedisiplinan Lalu Lintas



Kedisiplinan berlalu lintas di Jakarta menunjukkan penurunan. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah pelanggaran yang dicatat oleh pihak kepolisian. Selain itu, jumlah korban kecelakaan lalu lintas juga terus bertambah. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kesadaran akan disiplin berlalu lintas.

3. Sekolah Berprestasi



Sekolah Dasar Brebes dinobatkan sebagai sekolah terbaik di Kota Brebes. Prestasi ini tercermin dari keberhasilan siswa-siswi sekolah ini dalam berbagai ajang Olimpiade. Tidak hanya di bidang akademik, sekolah ini juga unggul di bidang olahraga dan seni. Prestasi ini merupakan hasil dari kerja keras para guru dan siswa.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More