5 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Dipilih Perempuan, Psikologi Terfavorit

Kamis, 05 September 2024 - 09:55 WIB
Prodi psikologi menjadi jurusan kuliah paling banyak dipilih kaum perempuan karena profesi psikologi membutuhkan sikap lemah lembut yang identik dengan perempuan. Foto ilustrasi/Ist
JAKARTA - Ini daftar 5 jurusan kuliah yang paling banyak dipilih perempuan . Dalam menentukan jurusan kuliah memang tidak ada aturan atau batasan mengenai gender. Baik laki-laki dan perempuan, keduanya sama-sama memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan tinggi.

Hanya saja berdasarkan pengalaman selama ini, ada sejumlah jurusan kuliah yang condong banyak disukai kaum perempuan. Jurusan apa itu? Dikutip dari laman Aku Pintar, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

5 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Dipilih Perempuan





1. Psikologi



Umumnya, perempuan cenderung memiliki olah rasa yang lebih halus dibandingkan dengan laki-laki. Seorang psikolog harus bisa mendengar keluh kesah dan memahami orang lain. Oleh karena itu, profesi psikolog lebih sesuai dengan kehalusan perempuan. Tidak heran jika jurusan ini lebih banyak dipilih perempuan.

2. Keperawatan



Mayoritas mahasiswa jurusan ini adalah perempuan. Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak perempuan yang sabar dan telaten dalam merawat orang lain. Meski begitu, bukan berarti jurusan ini hanya bisa dipelajari oleh perempuan saja. Nyatanya, laki-laki juga mampu bekerja dengan baik sebagai perawat.

3. Kebidanan



Bidang memang identik dengan perempuan. Biasanya, bidan bekerja sama dengan dokter spesialis kandungan. Memang tidak ada aturan yang melarang laki-laki berkuliah di bidang ini. Namun, umumnya laki-laki kurang tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan kehamilan dan perawatan bayi baru lahir.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More