Dongeng Si Kancil dan Buaya Lengkap dengan Pesan Moralnya

Minggu, 08 September 2024 - 08:21 WIB
Cerita Si Kancil dan Buaya merupakan salah satu fabel populer di kalangan anak-anak Indonesia. Foto/YouTube Riri Cerita Anak Interaktif.
JAKARTA - Cerita Si Kancil dan Buaya merupakan salah satu fabel populer di kalangan anak-anak Indonesia. Kisahnya sendiri telah banyak diceritakan para orang tua kepada putra-putrinya sejak kecil.

Sebagai informasi, fabel adalah dongeng binatang yang mengandung banyak pesan moral tentang perbuatan baik dan buruk. Di dalam ceritanya, tokoh atau pemeran utama dilakukan para binatang, seperti kancil, buaya, dan lain sebagainya.

Baca juga: 10 Contoh Legenda Nusantara, dari Kisah Sangkuriang hingga Cerita Empat Raja Papua



Pada sederet contohnya, sebagian besar orang tentu sudah mengenal kisah Si Kancil dan Buaya. Berikut ini kisah lengkapnya seperti dinukil dari Badan Bahasa Kemendikbudristek, Minggu (8/9/2024).

Dongeng Si Kancil dan Buaya



Pada suatu hutan, terdapat seekor Kancil yang tinggal di dalamnya. Suatu hari, dia pergi mencari makan di seberang sungai.

Berbekal kemampuannya yang lincah, Kancil bisa menyeberangi sungai pada saat berangkat. Setelah menemukan makanan dan merasa kenyang, Kancil hendak pulang ke rumah.

Baca juga: Dongeng Purbasari dan Purbararang, Kisah Dua Bersaudara dari Tanah Sunda

Namun, tiba-tiba turun hujan lebat Ketika kancil sudah berada di dekat sungai. Dia pun bingung karena tidak bisa melewati sungai yang banjir dan derasnya air di sana.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More