Teknologi AI Marak, 4 Profesi Ini Masih Dibutuhkan di Masa Depan Lho!

Sabtu, 21 September 2024 - 09:35 WIB
Profesi penulis yang masuk dalam golongan pekerja kreatif menjadi salah satu pekerjaan yang diprediksi sulit digantikan oleg AI (kecerdasan buatan) di masa depan. Foto ilustrasi/Ist
JAKARTA - Ini 4 profesi yang sulit tergantikan oleh teknologi AI di masa depan. Penggunaan artificial intelligence (AI) dalam era digital saat ini kian populer. Banyak profesi yang kemungkinan dapat tergantikan oleh AI.

Melansir Instagram @ditjen.dikti, McKinsey Global Company memprediksi sekitar 30 persen pekerjaan berpotensi terotomatisasi oleh kecerdasan buatan (AI) pada 2030. Namun, masih ada profesi yang masih membutuhkan tenaga manusia di masa depan.

4 Profesi yang Sulit Tergantikan Oleh AI di Masa Depan





1. Pekerjaan kreatif



Pekerjaan kreatif ini meliputi seniman, desainer, dan penulis. Tak heran, pekerjaan ini masih dibutuhkan karena AI tidak bisa berimajinasi, kreativitas, dan emosi dari manusia.

Walaupun dapat menciptakan sebuah desain, AI tidak memiliki kemampuan memahami konteks budaya, sosial, dan emosional untuk menciptakan karya penuh makna. Jurusan yang relevan dalam pekerjaan ini adalah Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa, Desain Produk, Sastra dan Jurnalistik.

2. Profesional kesehatan



Pekerjaan ini membutuhkan empati tinggi, kemampuan komunikasi dan mengambil keputusan yang kompleks untuk kesembuhan pasien sehingga tidak dimiliki oleh robot. Pekerjaan ini meliputi dokter, perawat, dan psikolog. Jurusan yang relevan untuk pekerjaan ini adalah Kedokteran, Keperawatan, Psikologi, dan Terapi Okupasi.

3. Pendidik

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More