Guru Besar Ilmu Komunikasi UIN Jakarta: Integrasi Islam-Sains Jadi Pilar Kemajuan Peradaban Indonesia

Jum'at, 27 September 2024 - 10:34 WIB
Guru Besar Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof Andi Faisal memaparkan pandangannya di seminar internasional di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Kamis (26/9/2024). Foto/Ist
JAKARTA - Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Prof Andi Faisal Bakti optimistis, Indonesia dengan penduduk mayoritas muslim akan menjadi bangsa yang memiliki peradaban tinggi ke depan. Untuk mewujudkannya, menurut Prof Andi, nilai-nilai Islam perlu diintegrasikan dengan ilmu pengetahuan modern.

Pandangan Prof Andi tersebut disampaikan saat menjadi pembicara kunci pada seminar internasional bertajuk The Role of Da'wa and Modern Science in the Future of Islam: Lessons from Türkiye, Indonesia and Malaysia di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Kamis (26/9/2024).

Hadir pembicara lain dalam seminar ini adalah Duta Besar Turki untuk Indonesia Prof Talip Küçükcan, President Hayrat Foundation Indonesia Celal Akar dan Representative Hayrat Foundation Turki di Malaysia Mohd Syafiq Md Shafii.



Prof Andi menjelaskan, banyak ilmu pengetahuan yang bisa diintegrasikan dengan ajaran Islam, seperti hukum, pendidikan, ekonomi, psikologi, politik dan komunikasi. Model integrasi keilmuan inilah yang juga sudah diterapkan oleh UIN Syarif Hidayatullah dalam beberapa tahun terakhir.



Lewat cara ini, pengetahuan yang dihasilkan lebih lebih holistik karena berpijak pada pendekatan yang lintas disiplin keilmuan (trans-disciplinary).

“Integrasi antara Islam dan sains di Indonesia merupakan bagian langkah aktif untuk menghadapi tantangan di era modern. Ini membutuhkan sinergi yang baik antara pemerintah, akademisi, ulama, dan masyarakat,” ujar Prof Andi yang menyampaikan paparannya dengan judul Bridging The Gap: Strategic Communication for The Integration of Science and Islam in Indonesia.

Dengan integrasi antara Islam dan ilmu komunikasi, tandas Direktur UNESCO Chair on Communication and Sustainable Development ini, Indonesia ke depan juga bisa mewujud menjadi negara yang madani (civil society). Lewat keterpaduan ilmu ini, komunikasi tak sebatas dikaji pada aspek informasi (tabligh) semata, namun juga dikembangkan menjadi sarana perubahan sosial (taghyir) lewat pemanfaatan dan modifikasi teknologi (tankir).

“Jelas kiranya integrasi Islam dan sains ini bersifat konstruktif, tidak dangkal dan memiliki dasar filosofis yang kuat baik sisi ontologi, epistemologi dan aksiologi yang mendorong metodologi dengan lebih kokoh,” ujarnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More