Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober: Ini Sejarah dan Maknanya Bagi Bangsa Indonesia

Selasa, 01 Oktober 2024 - 06:20 WIB
Tanggal 1 Oktober menjadi momen bersejarah yang diperingati untuk menghormati dan merayakan nilai-nilai dasar yang menjadi landasan negara Indonesia, yaitu Pancasila. Foto ilustrasi/Ist
JAKARTA - Ini sejarah dan makna peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober. Setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai “Hari Kesaktian Pancasila” di Indonesia.

Ini adalah momen bersejarah yang diperingati untuk menghormati dan merayakan nilai-nilai dasar yang menjadi landasan negara Indonesia, yaitu Pancasila. Artikel kali ini akan membahas sejarah dan makna peringatan Hari Kesaktian Pancasila, simak ya!

Dilatarbelakangi Aksi G30S/PKI





Dikutip dari laman undiknas.ac.id, Hari Kesaktian Pancasila memiliki makna yang mendalam dalam sejarah dan kehidupan masyarakat Indonesia. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bermula dari sebuah peristiwa tragis yang terjadi pada 1 Oktober 1965.

Pada hari itu, enam jenderal dan sejumlah perwira militer lainnya ditahan dan kemudian dibunuh. Peristiwa ini dikenal dengan sebutan Gerakan 30 September (G30S) yang dipimpin oleh kelompok yang berhaluan komunis. Peristiwa ini memicu gejolak politik dan sosial di Indonesia, yang akhirnya mengantar Soeharto ke tampuk kekuasaan.

Tindakan dalam peristiwa G30S ini merupakan pelanggaran terhadap nilai-nilai Pancasila yang menjadi ideologi dasar negara. Pancasila adalah landasan bagi kesatuan, persatuan, dan keadilan di Indonesia.

Pemerintah dan masyarakat Indonesia menyadari betapa pentingnya Pancasila sebagai fondasi negara yang kokoh. Oleh karena itu, untuk menghormati nilai-nilai Pancasila dan mengenang para pahlawan yang telah gugur demi Pancasila, pemerintah Indonesia memutuskan untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

1 Oktober Momentum Kenang Pengorbanan Pahlawan Revolusi



Hari Kesaktian Pancasila memiliki makna yang mendalam dalam sejarah dan kehidupan bangsa Indonesia. Dimana, hari ini adalah momen untuk mengenang dan menghormati para jenderal dan perwira militer yang menjadi korban peristiwa G30S/PKI.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More