Pelajar dan Mahasiswa! Ini Pengertian Batik Secara Etimologis

Rabu, 02 Oktober 2024 - 14:52 WIB
Penetapan Hari Batik Nasional dimaksudkan untuk menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap batik sebagai kebudayaan asli Indonesia yang adiluhung.Foto ilustrasi/Ist
JAKARTA - Ini pengertian batik secara etimologis. Setiap tanggal 2 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Dikutip dari buku Kebanggaan Indonesia Batik Menjadi Warisan Dunia (2021), penetapan Hari Batik Nasional dimaksudkan untuk menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap batik sebagai kebudayaan asli Indonesia yang adiluhung.

Sejarah da nasal mula batik hadir di Indonesia perlu dipelajari khususnya bagi generasi muda pelajar dan mahasiswa Indonesia. Artikel kali ini akan membahas pengertian batik secara etimologis, simak ya!

Makna Batik Secara Etimologi





Secara etimologi (cabang ilmu linguistik yang mempelajari asal-usul suatu kata), kata batik berasal dari bahasa Jawa yang mempunyai arti beragam. Batik terdiri dari kata "amba" dan "tik" atau "nitik". "Amba" berarti menulis, lebar, atau luas, dan "tik" atau "nitik" berarti titik atau membuat titik.

Jadi, batik berarti menulis atau membuat titik pada suatu kain yang lebar. Akhiran "tik" pada kata batik mempunyai pengertian menitik atau menetes.

Dalam bahasa Jawa kuno disebut "serat" dan dalam bahasa Jawa ngoko disebut tulis atau menulis dengan menggunakan lilin atau malam. Gabungan beberapa titik yang berimpitan inilah yang akan membentuk garis.



Arti Batik Secara Khusus



Secara khusus atau terbatas, batik merupakan seni menulis atau melukis yang dilakukan di atas kain. Dalam pengerjaannya, pembatik menggunakan lilin atau malam untuk mendapatkan ragam hias atau pola di atas kain yang dibatik dengan menggunakan alat yang dinamakan canting.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More