Unggul di Pendidikan Jarak Jauh, UT Raih Akreditasi Internasional dari AAOU

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 14:00 WIB
Universitas Terbuka (UT) meraih Certificate of Accreditation dari Asian Association of Open Universities (AAOU) karena dinilai unggul dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Foto/Ist.
JAKARTA - Prestasi ditorehkan UT. Tahun ini Universitas Terbuka (UT) meraih 'Certificate of Accreditation' dari Asian Association of Open Universities (AAOU). UT dinilai berhasil menerapkan standar-standar berkualitas tinggi dalam menerapkan sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).Untuk info lebih lengkap, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Mengutip laman resmi UT, Diketahui sertifikat diserahkan langsung kepada Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. oleh Prof. Melinda dP Bandalaria, Ph.D., selaku Ketua Tim Akreditasi AAOU pada Kamis (3/10).

Dengan akreditasi ini, UT berdiri sejajar dengan institusi pendidikan terbuka terkemuka di Asia seperti Open University of Malaysia (OUM) dan University of the Philippines Open University (UPOU).



Rektor UT, Prof Ojat Darojat mengatakan perolehan sertifikat akreditasi ini menjadi bukti internal quality assurance system menjadi sesuatu yang tidak bisa ditawar lagi.

"Kualitas merupakan satu-satunya cara dan jalan hidup bagi UT untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat dan bangsa," katanya seperti dikutip dari laman resmi UT, Jumat (4/10/2024).

Baca juga: Makin Unggul, UT Menjadi Universitas Pencetak CPNS Terbanyak

Dia juga menekankan pentingnya sistem penjaminan mutu yang berkelanjutan melalui SIMINTAS (Sistem Penjaminan Mutu Internal Terintegrasi) yang diterapkan di seluruh jenjang dan unit di UT, baik di pusat maupun di daerah.

Sistem ini dinilainya menjadi kunci keberhasilan UT dalam memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang inklusif dan fleksibel.

Lebih lanjut Prof. Ojat menyebut capaian akreditasi ini menunjukkan keunggulan UT di bidang digital dan teknologi pendidikan melalui penerapan sistem PJJ.

"UT terus berinovasi dalam menyediakan layanan pembelajaran yang fleksibel, mudah diakses, dan berkualitas. Akreditasi ini menjadi bukti nyata bahwa UT mampu mengikuti perubahan cepat teknologi dan memenuhi kebutuhan mahasiswa di era digital," ungkapnya.

Dia menerapkan akreditasi ini bukan hanya sekadar pengakuan, tetapi juga menjadi dorongan bagi UT untuk terus melakukan perbaikan berkelanjutan demi memberikan yang terbaik bagi mahasiswanya dan membawa dampak positif yang signifikan dalam dunia pendidikan.

Sebagai informasi ini merupakan sertifikat yang pertama kali dikeluarkan oleh AAOU Accreditation System Board. Adapun AAOU adalah sebuah lembaga non profit yang terdiri dari lembaga pendidikan tinggi yang berfokus pada pendidikan terbuka dan jarak jauh yang mana ini selaras dengan sistem yang dimiliki oleh UT.
(wyn)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More