5 Momen Hari yang Diperingati Setiap 10 Oktober di Dunia

Jum'at, 11 Oktober 2024 - 10:41 WIB
Hari Anti Hukuman Mati Sedunia atau World Day Against the Death Penalty diperingati setiap 10 Oktober sejak tahun 2003 oleh Koalisi Dunia Menentang Hukuman Mati (World Coalition Against the Death Penalty). Foto ilustrasi/Ist
JAKARTA - Ini sejumlah momen yang diperingati di setiap tanggal 10 Oktober di dunia. Ada beberapa peringatan penting yang dirayakan di berbagai belahan dunia. Masing-masing peringatan ini memiliki makna dan tujuan yang berbeda-beda, baik itu terkait dengan kesehatan, sejarah, maupun peringatan khusus yang unik. Artikel kali ini akan membahas sejumlah peringatan setiap 10 Oktober di seluruh dunia, simak ya!

Ada Apa Saja Peringatan Setiap 10 Oktober di Dunia?



1. Hari Anti Hukuman Mati Sedunia





Hari Anti Hukuman Mati Sedunia atau World Day Against the Death Penalty diperingati setiap 10 Oktober sejak tahun 2003 oleh Koalisi Dunia Menentang Hukuman Mati (World Coalition Against the Death Penalty).

Peringatan ini bertujuan untuk mengadvokasi penghapusan hukuman mati di seluruh dunia. Setiap tahunnya, tema yang diangkat berfokus pada aspek tertentu dari praktik hukuman mati, seperti dampaknya terhadap keluarga, diskriminasi dalam penerapannya, atau hak asasi manusia yang dilanggar.

Hingga kini, hukuman mati masih diterapkan di beberapa negara, meskipun banyak negara lain yang telah menghapuskan praktik ini. Pada hari ini, aktivis, organisasi hak asasi manusia, dan berbagai kelompok lain menyuarakan dukungan mereka untuk mengakhiri hukuman mati, serta menyerukan perlindungan hak hidup tanpa diskriminasi.



2. Hari Tunawisma Sedunia



Hari Tunawisma Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 10 Oktober. Hari ini pertama kali diperingati pada tanggal 10 Oktober 2020. Hari Tunawisma sedunia ini berawal dari diskusi antara aktivis yang terlibat dalam membantu para tunawisma di negaranya. Tujuan dari adanya peringatan Hari Tunawisma ini adalah untuk mengangkat isu tunawisma dan perumahan yang tidak memadai.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More