5 Santri yang Jadi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran, Cak Imin hingga Gus Ipul

Kamis, 24 Oktober 2024 - 16:11 WIB
Lima menteri di kabinet Prabowo-Gibran berlatarbelakang santri. Salah satunya Menteri Agama Nasaruddin Umar. Foto/Binti Mufarida.
JAKARTA - Lima menteri di kabinet Prabowo-Gibran berlatarbelakang santri . Hal ini membuktikan bahwa lulusan pesantren pun bisa berkiprah di mana saja seperti politik dan pemerintahan.

Kabinet baru yang dibentuk oleh Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka menarik perhatian publik, terutama dengan keberadaan sejumlah menteri yang berasal dari latar belakang pondok pesantren .

Baca juga: 5 Menteri Jokowi Ini Ternyata Pernah Jadi Santri



Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini lima menteri di Kabinet Merah Putih yang lulusan santri atau jebolan pondok pesantren (ponpes).

5 Santri yang Jadi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

1. Menko Pemberdayaan Masyarakat Muhaimin Iskandar



Muhaimin Iskandar yang menjabat sebagai Menteri Koordinator (Menko) Pemberdayaan Masyarakat ini adalah adalah dzurriyah (keluarga) Pondok Pesantren Manbaul Ma'arif, Jombang, Jawa Timur.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang berkerap memakai kacamata ini adalah keturunan KH. Bisri Syansyuri adalah salah seorang ulama besar pendiri Nahdlatul Ulama (NU).

Cak Imin, sapaan akrabnya,adalah mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang pada Pemilu 1999 terpilih sebagai anggota DPR dari PKB ketika usianya masih 33 tahun. Ia pun menjadi Wakil Ketua DPR RI termuda pada periode 1999-2004.

Baca juga: 4 Menteri Prabowo Lulusan UGM, 3 Alumninya Jabat Menko
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More