Ini 5 Tips untuk Tuntaskan Skripsi di Masa Pandemi ala Wakil Rektor UNNES

Rabu, 07 Juli 2021 - 17:54 WIB
Seorang mahasiswa mengerjakan tugas skripsi. Foto/Ist
JAKARTA - Menuntaskan skripsi adalah kewajiban mahasiswa yang tak jarang menjadi momok tersendiri. Namun baru-baru ini, warga Tiktok dihebohkan dengan kebaikan hati seorang dosen dalam membimbing skripsi.

Video ini dibuat oleh akun @hendi.motivasi yang merupakan Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama Universitas Negeri Semarang (Unnes), Bapak Dr. Hendi Pratama, M.A. Saat rilis ini diterbitkan pada Selasa (6/7) siang, ada 1,7 juta pemirsa dan 170 ribu orang menyukai video yang baru saja dipublikasikan pada empat hari yang lalu tersebut.



Hendi mengatakan, video itu dibuat seiring dengan kegelisahannya atas belum harmonisnya bimbingan skripsi yang selama ini terjadi antara dosen dan mahasiswa. Terlebih di masa pandemi ini, dimana dosen dan mahasiswa tidak bisa bertemu.

Melalui video tersebut, Ia ingin mengatakan bahwa dosen sendiri bisa membantu mahasiswa untuk bisa mengerjakan skripsi dengan cepat. Sehingga akan menciptakan sebuah kolaborasi yang proaktif antara dosen dengan mahasiswa.

“Padahal orang Inggris bilang, it takes two to tango (berdansa harus dua orang). Begitu Pula skripsi. Melalui video yang viral ini, saya ingin menyampaikan bahwa skripsi harusnya menjadi ruang kolaborasi, dosen dan mahasiswa sama-sama proaktif. Semoga pesan ini sampai kepada para pemirsa Tiktok yang kebanyakan juga para mahasiswa milenial,” ungkap Hendi yang juga dosen bahasa inggris, dalam Talkshow Komunitas SEVIMA, Selasa (06/07).



Berangkat dari video Tiktok viral tersebut, inilah tips sukses bagi mahasiswa untuk mengerjakan skripsi di masa pandemi, ala Wakil Rektor IV UNNES:

1. Pahami Bahwa Skripsi adalah Miniatur Kehidupan

Mengalami sebuah kesulitan merupakan suatu hal yang wajar. Melalui skripsi inilah, mahasiswa bisa belajar tentang makna sebuah kehidupan tersebut. Jadi kesulitan dan tantangan yang dialami mahasiswa saat skripsi itu nantinya juga akan dialami di kehidupan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More