Ini 8 Tips Menjadi Peneliti Muda Tingkat Pelajar

Rabu, 07 Juli 2021 - 12:22 WIB
loading...
Ini 8 Tips Menjadi Peneliti Muda Tingkat Pelajar
Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Indonesia membutuhkan banyak peneliti demi kemajuan bangsa. Menumbuhkan minat dan bakat menjadi seorang peneliti pun tidak hanya dilakukan di jenjang perguruan tinggi. Namun juga dari tingkat sekolah.

Sekolah dapat menjadi sarana bagi siswanya untuk memecahkan suatu masalah mulai dari yang sifatnya sederhana hingga yang kompleks dalam kehidupan sehari-hari. Ketika siswa aktif melakukan riset atau penelitian inilah maka pengembangan karakter siswa yang berbudaya penelitian pun dapat tercapai.



Dikutip dari instagram resmi Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek di @puspresnas, Rabu (7/7), Juri Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa Budi Permana memberikan tips menarik untuk bisa meneliti dengan baik dan benar.

Simak 8 tips di bawah ini agar minat meneliti semakin terasah di usia dini:

1. Telaah berbagai fenomena yang terjadi disekitar lingkungan yang mungkin menjadi inspirasi untuk diteliti
2. Mulai untuk mengumpulkan data, membaca informasi di internet
3. Lakukan identifikasi temuan
4. Diskusikan tema yang menurut kamu menarik dan ditelti lebih lanjut dengan Guru Pendamping
5. Mulai diskusikan dengan Guru Pendamping, tentang tema penelitian, objek penelitian, pendekatan penelitian, perumusan masalahnya atau pertanyaan penelitian dan tujuan penelitiannya.



6. Biasakan untuk menuliskan setiap yang ada dalam gagasan kamu. Semua hal yang kamu ketahui dan yang kamu tidak ketahui
7. Mulailah mencari berbagai literasi yang terkait dengan rencana penelitian kamu, semakin banyak wawasannya penelitian akan berkembang dengan sendirinya
8. Jangan takut memulai dan mulai belajar disiplin dengan waktu. Serta tetap semangat dalam kondisi apapun.

Puspresnas sendiri akan mengadakan Kompetisi Penelitian Siswa tahun 2021 jenjang SMP/MTS. Pendaftarannya sendiri masih dibuka sampai 31 Juli 2021 mendatang. Pendaftaran tim penelitian dapat dilakukan pada laman https://smp.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/kopsi/ .
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7146 seconds (0.1#10.140)