Upaya Pelestarian Budaya Indonesia, Tim Mahasiswa UGM Ciptakan Kartu Pintar
Rabu, 11 Agustus 2021 - 19:50 WIB
JAKARTA - Tim Mahasiswa UGM berhasil menciptakan game interaktif untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya Indonesia. Gim interaktif tersebut diberi nama “Nura Smart Card: Kartu Putar Pintar Jelajah Nusantara”.
Gim interaktif ini diciptakan oleh sekelompok mahasiswa UGM yang tergabung dalam salah satu tim Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang kewirausahaan yang berhasil meraih pendanaan untuk tahun 2021 ini.
Tim tersebut terdiri dari Roihatul Jannah dari Sekolah Vokasi (SV), Vira Mahdiya Zahra dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Muhammad Haris Yulianto dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), serta Haris Nur Rahmawati dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB).
“Ide pembuatan kartu putar pintar jelajah Nusantara ini bermula karena perkembangan arus globalisasi yang semakin pesat dan mengakibatkan (semakin) tergerusnya minat literasi generasi muda terutama mengenai hal kebudayaan, kemudian belum banyak buku bacaan atau media literasi lain yang menarik yang membahas kebudayaan Indonesia,” kata Muhammad Haris Yulianto dilansir dari laman resmi UGM, Rabu (11/8/2021).
Sebagaimana namanya, kartu putar “Nura Smart Card” lebih kurang berbentuk seperti spin game. Anak-anak atau siapapun yang memainkannya akan dapat menemukan berbagai macam informasi seputar budaya-budaya yang ada di Indonesia dengan hanya memulai memutar kartu “Nura Smart Card” tersebut.
Informasi akan otomatis muncul setelah kartu berhenti berputar dan tanda panah menunjuk kepada salah satu provinsi di Indonesia. Terdapat informasi dan pengetahuan seputar kebudayaan di 34 provinsi di Indonesia, mulai dari rumah adat, tarian tradisional, pakaian adat, serta senjata tradisional.
Kartu tersebut didesain berwarna dan dikonsep dapat berfungsi di kedua sisinya, depan dan belakang. Informasi seputar budaya di 34 provinsi di Indonesia terbagi kepada dua sisi tersebut, 17 provinsi di bagian depan dan 17 provinsi di bagian belakang.
Gim interaktif ini diciptakan oleh sekelompok mahasiswa UGM yang tergabung dalam salah satu tim Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang kewirausahaan yang berhasil meraih pendanaan untuk tahun 2021 ini.
Tim tersebut terdiri dari Roihatul Jannah dari Sekolah Vokasi (SV), Vira Mahdiya Zahra dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Muhammad Haris Yulianto dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), serta Haris Nur Rahmawati dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB).
“Ide pembuatan kartu putar pintar jelajah Nusantara ini bermula karena perkembangan arus globalisasi yang semakin pesat dan mengakibatkan (semakin) tergerusnya minat literasi generasi muda terutama mengenai hal kebudayaan, kemudian belum banyak buku bacaan atau media literasi lain yang menarik yang membahas kebudayaan Indonesia,” kata Muhammad Haris Yulianto dilansir dari laman resmi UGM, Rabu (11/8/2021).
Sebagaimana namanya, kartu putar “Nura Smart Card” lebih kurang berbentuk seperti spin game. Anak-anak atau siapapun yang memainkannya akan dapat menemukan berbagai macam informasi seputar budaya-budaya yang ada di Indonesia dengan hanya memulai memutar kartu “Nura Smart Card” tersebut.
Baca Juga
Informasi akan otomatis muncul setelah kartu berhenti berputar dan tanda panah menunjuk kepada salah satu provinsi di Indonesia. Terdapat informasi dan pengetahuan seputar kebudayaan di 34 provinsi di Indonesia, mulai dari rumah adat, tarian tradisional, pakaian adat, serta senjata tradisional.
Kartu tersebut didesain berwarna dan dikonsep dapat berfungsi di kedua sisinya, depan dan belakang. Informasi seputar budaya di 34 provinsi di Indonesia terbagi kepada dua sisi tersebut, 17 provinsi di bagian depan dan 17 provinsi di bagian belakang.
tulis komentar anda