Mahasiswa UGM Raih 4 Medali di Olimpiade Matematika Internasional di Bulgaria

Senin, 09 Agustus 2021 - 15:50 WIB
loading...
Mahasiswa UGM Raih 4 Medali di Olimpiade Matematika Internasional di Bulgaria
Universitas Gadjah Mada (UGM). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - UGM berhasil meraih empat medali di ajang International Mathematics Competition (IMC) di Bulgaria pada 2-7 Agustus secara daring. Empat medali yang diperoleh yaitu 2 medali perak, 1 medali perunggu, dan 1 Honorable Mention.

Keempat medali dipersembahkan oleh Naelufa Syifna Wifaqotul Muna (Prodi Matematika FMIPA) dan Waffiq Maaroja (Prodi Ilmu Komputer FMIPA) yang meraih medali perak, Muh Fadlan (Prodi Matematika FMIPA) meraih medali perunggu, serta Fani Haerul Anam Rofi'i (Prodi Matematika FMIPA) mendapatkan penghargaan Honorable Mention.

Baca juga: Singkirkan 14 Negara, Pelajar Indonesia Raih Emas di Ajang Internasional

Salah satu peraih medali IMC, Wafiiq mengatakan olimpiade matematika ini diikuti sebanyak 590 peserta dari berbagai universitas dunia. Selama dua hari peserta bersaing mengerjakan 4 soal berbentuk esai meliputi Aljabar, Analisis (Real dan Kompleks), Geometri dan Kombinatorika. Olimpiade kali ini menjadi tahun kedua diselenggarakan secara daring dan sebelum daring terdapat 5 soal per hari nya.

“Secara umum materi soal yang digunakan lebih luas daripada tingkat nasional sehingga akan lebih sulit apabila tidak memperbanyak referensi materi. Selain itu, analisis jawaban soalnya butuh lebih banyak waktu dibandingkan dengan soal nasional,” katanya dilansir dari laman resmi UGM di ugm.ac.id, Senin (9/8/2021).

Waffiq menyebutkan keikutsertaan dalam IMC merupakan kali pertama baginya. Keberhasilannya melenggang ke tingkat internasional didapat setelah sebelumnya mengikuti seleksi di tingkat nasional berkompetisi dengan puluhan mahasiswa perwakilan setiap kopertis di Indonesia.

Baca juga: Beasiswa Reguler LPDP Tahap 2 Telah Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

"Saya tidak terlalu memiliki target yang terlalu tinggi, namun kompetisi ini kemungkinan merupakan kompetisi resmi terakhir saya di bidang matematika sehingga saya berharap setidaknya mendapatkan medali dan alhamdulilah bisa," tuturnya.

Ia berharap prestasi yang berhasil diraih bisa menginspirasi dan memotivasi mahasiswa lainnya. Selain itu, semangat untuk terus berprestasi dapat terus dipertahankan oleh mahasiswa UGM.

Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM, Suherman menyampaikan ucapan selamat untuk seluruh wakil UGM di tim IMC Indonesia yang meraih prestasi. Capaian yang diraih merupakan hal yang membanggakan tidak hanya UGM, tetapi juga Indonesia.

“IMC ini adalah lanjutan dari KN-MIPA yang mana wakil Indonesia di IMC adalah para peraih medali di KN-MIPA. Karenanya, prestasi yang berlanjut dari ajang nasional ke Internasional ini sesuatu hal yang patut disyukuri dan semoga mahasiswa UGM yang mendapat medali KN-MIPA 2021 bidang matematika bisa berprestasi di ajang IMC mendatang,” pungkasnya.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1109 seconds (10.101#12.26)