8 Tips Belajar Efektif lewat Online Selama Masa Pandemi

Kamis, 14 Oktober 2021 - 23:18 WIB
2. Lakukan Persiapan pra-Kuliah

Berdasarkan RPS berikut silabinya yang telah diterima, pahami peran dan tujuan atau Role and Purpose (RaP) mata kuliah tersebut. Berikutnya, hasil apa yang ingin dicapai atau Subject Learning Outcomes (SLO).



3. Cocokkan materi yang ada di buku teks/referensi dengan silabi, karena tidak semua materi dalam buku teks dianggap sesuai dengan SLO oleh pengajar. Jika dimungkinkan “singkirkanlah” materi yang tidak akan dibahas. Sehingga secara psikologis mahasiswa akan merasa “bebannya” menjadi berkurang.

4. Menata seluruh mata kuliah dalam tiap folder. Dalam hal ini diasumsikan setiap mahasiswa sudah menggunakan laptop/komputer.

B. Cara Belajar Efektif Lewat Daring:

1. Berdasarkan semua persiapan yang telah dilakukan (A), siapkan mental “saya bisa” (can do attitude) menguasai materi yang akan disampaikan oleh pengajar.

2. Siapkan perangkat yang dibutuhkan, baik itu perangkat keras (komputer) maupun sumber listrik (energi) atau pastikan batere terisi penuh.

3. Dapatkah link (username/password) untuk daring beberapa saat sebelum kuliah dimulai. Pilih tempat di lokasi belajar yang memungkinkan bisa mendapatkan sinyal terbaik. Perhatikan pula faktor penerangan (lampu atau sinar matahari) agar tidak menyilaukan.

4. Catat semua penjelasan pengajar terutama yang dianggap penting misalnya contoh kasus atau contoh soal. Jika ada kesempatan, tanyakan kepada pengajar bagian pembahasan yang tidak dipahami. Jika pada akhir kuliah masih ada hal yang kurang jelas, segera hubungi teman dalam kelompok belajar.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More