Juara I Duta Bahasa DIY 2021 akan Berkompetisi di Tingkat Nasional

Kamis, 07 Oktober 2021 - 16:27 WIB
Mahasiswa UKDW Josse Darwanto Armando terpilih juara I Duta Bahasa DIY 2021. Foto/Dok/Humas UKDW
JAKARTA - Mahasiswa Fakultas Teologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta Angkatan 2020, Josse Darwanto Armando menjadi juara I Duta Bahasa DIY 2021, dalam grand final di Pendapa Agung Grand Rohan Hotel Yogyakarta, Jumat (1/10).

Selanjutnya, Jose akan mewakili DIY dalam ajang pemilihan Duta Bahasa Nasional 2021 , yang akan berlangsung di Jakarta, 14-19 Oktober 2021.



Pemilihan Duta Bahasa DIY 2021, diawali tahap pendaftaran 13 Juli-28 Agutus 2021, pengumuman berkas 1 September 2021, wawacancara 2-3 September 2021, pengumuman hasil wawancara 6 September 2021. Pembimbingan 13-16 September 2021 dan grand final 1 Oktober 2021.

Josse menjelaskan dari 160 pendaftar disaring menjadi 100 besar, kemudian dilakukan audisi hingga terpilih 30 finalis Duta Bahasa DIY 2021.

“Setelah berproses selama 1 bulan, pada malam penobatan Duta Bahasa DIY 2021 saya terpilih menjadi pemenang pertama bersama dengan Melvine Sekar Ayu Utami Wijaya dari UNY untuk mewakili DIY ke tingkat nasional,” kata Jose dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/10/2021).



Josse mengatakan, alasan mengikuti pemilihan Duta Bahasa, Selain memiliki hasrat untuk terus belajar dan minat yang tinggi terhadap bidang ilmu bahasa dan budaya, juga agar dapat melanjutkan pendidikan yang memiliki latar belakang sesuai dengan bidang yang ditekuni, yakni teologi. Sehingga dapat menjadi penunjang dalam melaksanakan tugas di kehidupan lebih baik lagi kedepannya.

“Harapan saya dengan mengikuti program Duta Bahasa DIY dapat menjadi ahli dalam bidang bahasa sehingga dapat mengembangkan dan mewujudkan penggunaan bahasa yang baik dan benar,” paparanya.

Selain itu, juga ingin memperbanyak ilmu pengetahuan dan memperluas wawasan serta memperoleh pengalaman yang baik terutama mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bahasa dan sastra di segala segi kehidupan. Sehingga nantinya dapat berperan aktif dalam pembangunan di daerah yang masih membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas.

“Tuntutan ilmu pengetahuan dan soft skill dalam kaitannya dengan perkembangan dan kemajuan suatu bangsa dan negara di zaman global ini harus mempunyai sumber daya yang handal untuk menghadapi setiap detik perubahan yang akan terjadi di depan mata karena sumber daya manusia yang bermutu tinggilah yang akan menjadi faktor penentu kemajuan suatu bangsa dan negara,” terangnya.

Sebagai Duta Bahasa DIY, Josse mengemban tiga tugas prioritas sebagai abdi bahasa untuk kegiatan pengembangan dan peningkatan budaya literasi masyarakat, jaga bahasa untuk mengampanyekan penggunaan bahasa di ruang publik, dan niaga bahasa untuk menyelenggarakan kegiatan edukasi kebahasaan dan kesastraan dalam bentuk produk niaga, kelas bahasa asing, seminar serta pameran kebahasaan dan kesastraan.

Wakil Rektor 3, Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Informasi UKDW, Joko Purwadi, mengaakan sangat mengapresiasi dengan prestasi yang diraih oleh kedua mahasiswa Teologi UKDW ini. Untuk itu, berharap hal ini menjadi pendorong bagi seluruh sivitas akademika UKDW dalam mempersiapkan diri untuk ikut serta berkarya bagi bangsa untuk mewujudkan Indonesia maju menuju Generasi Emas 2045.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mpw)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More