Wow, Negara-negara Ini Gratiskan Semua Jenjang Pendidikan Warganya

Senin, 18 Oktober 2021 - 18:33 WIB
Finlandia adalah salah satu negara maju di benua Eropa Utara yang dikenal dengan sistem dan kualitas pendidikan terbaik di dunia. Foto/Ist
JAKARTA - Pada 2016, sebuah penelitian menyatakan bahwa Indonesia ada di peringkat kedua dengan persentase angka putus sekolah terbanyak. Hal ini tentu disayangkan, mengingat banyaknya potensi yang tertanam pada sumber daya manusia di Indonesia.

Salah satu faktor yang mempengaruhi tingginya angka putus sekolah ini adalah besarnya biaya pendidikan yang harus ditanggung orang tua untuk anak-anaknya. Di lain pihak, banyak negara di Eropa yang telah sepenuhnya membiayai pendidikan warga negaranya sehingga angka putus sekolah bisa ditekan.



Berikut daftar negara-negara yang menggratiskan biaya pendidikan untuk rakyatnya.



1. Finlandia


Sudah lama Finlandia terkenal akan peraturan-peraturannya yang memudahkan segala lapisan rakyatnya. Sejak 2018 lalu, negara ini secara konsisten mempertahankan posisinya sebagai negara dengan tingkat kebahagiaan paling tinggi di dunia. Salah satu hal yang melatarbelakangi tingkat kebahagiaan warganya adalah sistem pendidikan yang baik dan tidak dipungut biaya.

Tidak hanya warga asli Finlandia yang mendapat keuntungan ini, semua orang yang datang dan belajar di negara ini akan mendapat perlakuan yang sama. Tenaga pengajar di Finlandia juga dipilih secara seksama agar dapat menyampaikan ilmu yang dimilikinya dengan baik.

2. Swedia

Negara ini terkenal dengan peraturannya yang menggratiskan biaya untuk semua jenjang pendidikan, mulai dari tingkat dasar hingga tingkat paling tinggi. Swedia juga memfasilitasi keperluan sekolah setiap muridnya. Beberapa sekolah di Swedia juga menyediakan makan siang gratis dan tunjangan sekolah setiap bulannya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More