Ini Kiat Pulihkan Semangat Anak Sambut PTM Terbatas

Kamis, 04 November 2021 - 14:22 WIB
Sejumlah siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas di sekolahnya. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Peserta didik banyak yang masih bingung atau pun kurang semangat dalam menjalani pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas karena sepanjang pandemi mereka belajar dengan cara pembelajaran jarak jauh (PJJ). Berikut ini disampaikan beberapa cara agar anak kembali semangat dalam menyambut PTM Terbatas.

Mengutip Instagram resmi Kemendikbudristek di @kemdikbud.ri, Rabu (3/11/2021), pandemi sempat membuat kegiatan belajar mengajar terpaksa dilakukan secara daring.



Seiring berjalannya waktu, kegiatan belajar di berbagai daerah kembali dilaksanakan di sekolah dengan menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas.

Berbagai cara pun dapat dilakukan para guru di sekolah untuk memulihkan semangat anak dalam menyambut PTM terbatas. Apa saja kiatnya? simak daftarnya di bawah ini.

1. Dengarkan Pengalaman Anak Selama Pandemi

Dorong anak-anak untuk mengekspresikan dan mengeksplorasi pengalaman mereka selama pandemi Covid-19. Pastikan anak-anak dihargai, didengarkan dan terjaga kesehatan emosionalnya.

2. Gunakan Metode Pembelajaran yang Menarik

Guru dapat mendorong dengan cerita yang mengandung motivasi belajar, ketangguhan maupun karakter-karakter positif lainnya. Terapkan metode karya wisata. Bukan berarti anak dibawa ke tempat wisata yang jauh, tetapi dapat dengan memanfaatkan lingkungan yang ada di sekitar sekolah.

3. Desain Lingkungan Belajar Yang Menarik
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More