Mengenal Jurusan Teknik Perminyakan dan Prospek Kerjanya

Jum'at, 05 November 2021 - 22:19 WIB
5. Universitas Jember

6. Universitas Islam Riau

7. Institut Teknologi dan Sains Bandung

Mengutip laman Universitas Pertamina di universitaspertamina.ac.id, Jumat (5/11/2021) prodi Teknik Perminyakan Universitas Pertamina menawarkan tiga konsentrasi bidang keilmuan yaitu teknik reservoir, teknik produksi, teknik pengeboran. Para mahasiswa juga akan belajar dan diajari langsung oleh para praktisi profesional.

Sedangkan laman resmi ITB di itb.ac.id menjelaskan, mahasiswa teknik perminyakan tidak hanya belajar mengenai minyak saja. Melainkan juga akan belajar mengenai gas bumi dan panas bumi.

Ketiga sumber daya alam ini biasanya dikenal dengan sebutan Hidrokarbon, mengingat bahwa komponen penyusunnya didominasi oleh unsur hidrogen dan karbon.

Untuk ketiga bidang di atas, mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek mulai dari reservoir, pengeboran, produksi, fasilitas permukaan sampai pada manajemen dan keekonomian pengelolaan suatu lapangan minyak.

Lalu bagaimana prospek kerja jurusan ini? Laman ITB menyebut, potensi karir lulusan teknik perminyakan sangat menjanjikan di berbagai bidang. Berikut 5 di antaranya:

1. Perusahaan Minyak Nasional maupun asing

Seperti Pertamina, Medco, CNOOC SES, Exxon, Chevron, Total E&P, BP.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More