12 Tips Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat dari Universitas Nasional

Rabu, 10 November 2021 - 00:23 WIB
Setiap orang pasti pernah mengalami sakit kepala. Tetapi, cara mengatasi sakit kepala sebenarnya tak perlu minum obat. Foto/Ist
JAKARTA - Setiap orang pasti pernah mengalami sakit kepala . Tetapi, cara mengatasi sakit kepala sebenarnya tak perlu minum obat. Lantas bagaimana caranya? Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan menekan ibu jari kaki. Karena jempol kaki berkaitan dengan saraf kepala.

Melansir laman resmi Universitas Nasional (Unas), berikut ini dijelaskan tips meredakan sakit kepala tanpa obat:

1. Minum air putih

Sakit kepala mungkin merupakan tanda bahwa tubuh Anda mengalami dehidrasi. Beberapa ahli mengatakan, dehidrasi bisa menyebabkan pembuluh darah di otak kesulitan mengatur kadar cairan tubuh sehingga memicu sakit kepala.

2. Tekan ibu jari kaki

Dalam refleksologi, jempol kaki berkaitan dengan saraf kepala. Memberikan sedikit tekanan pada ibu jari biasanya akan meredakan sakit kepala.

3. Gunakan bola tenis

Ambil dua bola tenis, sejajarkan. Setelah itu, berbaringlah dan posisikan bola di belakang leher. Perlahan-lahan, berikan sedikit tekanan seolah bola memijat leher. Hal ini akan membantu menenangkan otot-otot suboksipital yang merupakan penyebab utama nyeri ketegangan sakit kepala.

4. Gigit cabai rawit

Ahli gizi Lily Soutter dari Nuffield Health mengatakan, bahan aktif dalam cabai, capsaicin telah terbukti dapat meredakan sakit kepala untuk penderita migrain.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More