Ini 6 Tips untuk Maksimalkan Potensi Diri Saat Kuliah

Rabu, 01 Desember 2021 - 05:12 WIB
Sejumlah mahasiswa aktif mengerjakan tugas dosen. Foto/Ist
JAKARTA - Berbagai pengalaman baru akan dirasakan ketika menjadi mahasiswa . Tidak hanya lebih mandiri dalam belajar namun mahasiswa juga harus bisa mengembangkan potensi dirinya agar menjadi bekal kesuksesan di masa depan.

Tidak sedikit mahasiswa baru yang merasa bingung untuk beradaptasi dengan dunia perkuliahan . Hal ini bisa dimaklumi karena memang suasananya berbeda dengan apa yang sudah dijalani di bangku sekolah.



Mulai dari mengatur jadwal kuliah sendiri, bertemu teman lintas jurusan dari berbagai daerah, mengikuti organisasi kampus hingga cara berkomunikasi dengan dosen untuk berkonsultasi akan suatu tugas.

Mengutip instagram resmi Direktorat Dikti Vokasi dan Profesi Kemendikbudristek @diktivokasi, bagi para mahasiswa baru berikut ini tips untuk memaksimalkan potensi diri saat perkuliahan.

1. Menemukan Renjana Adalah Sebuah Proses

Mahasiswa baru tidak perlu khawatir apabila pada awal memasuki dunia perkuliahan masih belum menemukan renjana (passion) dan cita-cita yang pasti. Mencari tahu passion di awal kuliah bisa dimulai dengan bertanya atau figure out sendiri. Kita perlu orang yang sudah berpengalaman dan tahu jalannya untuk mempercepat learning curve.

2. Selektif dalam Memilih Kegiatan dan Lingkungan

Menggali banyak hal memang baik. Tapi bukan berarti semua kegiatan atau organisasi harus diikuti. Kalau kamu sedang mencari minat, coba cari referensi dan mengikuti beberapa kegiatan tapi kamu harus tetap pandai dalam memilih

3. Tak Perlu Insecure, Semua Bisa Dipelajari
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More