4 Tips Bikin Portofolio Keren untuk Melamar Kerja

Selasa, 07 Desember 2021 - 17:45 WIB
Wawancara kerja. Foto/Ist
JAKARTA - Satu masa dalam hidup telah terlewati oleh mahasiswa ketika usai menjalani proses wisuda. Masa-masa perkuliahan yang penuh perjuangan menempuh ilmu kini akan digantikan dengan fase mencari kerja. Selain mencari informasi kerja pastikan juga membuat portofolio yang bagus agar HRD tertarik untuk memanggil wawancara.

Curriculum vitae (CV) dan portofolio itu biasa dikirim bersamaan saat mencari kerja di suatu perusahaan. Untuk tahap awal, pastikan dulu portofolio yang dibuat dan dikirim itu sesuai dengan perusahaan yang dituju.



Portfolio merupakan sekumpulan karya atau proyek yang sudah pernah dilakukan sebelumnya. Jika kamu fresh graduate dan kamu memiliki banyak kegiatan organisasi atau karya selama kuliah, tambahkan pengalaman itu kedalam isi portofolio.

Namun, portfolio umumnya digunakan oleh orang-orang yang memang bekerja sebagai pengembang atau di dunia kreatif seperti web developer, penulis, editor, graphic designer, script writer, dan pekerjaan lainnya.

Melansir laman Go Kampus di gokampus.com, untuk membuat portofolio kerja yang menarik ada 4 tips yang bisa disimak.

1. Cantumkan capaian hasil kerja

Tips pertama adalah harus mencantumkan hasil kerja yang telah dibuat selama ini. Perbanyak menggunakan visual dibandingkan tulisan karena visual akan lebih menarik perhatian recruiter dibandingkan tulisan yang serba panjang.

Jangan lupa untuk mencantumkan hasil karya yang paling baru dan lengkap beserta tahun pembuatannya. Selain itu bisa juga menambahkan foto-foto secara profesional saat proses produksi membuat karya tersebut.

2. Cantumkan skill yang dimiliki
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More