Begini Cara Mengajukan Visa Pelajar dan Tipsnya

Kamis, 13 Januari 2022 - 23:43 WIB
Pengajuan visa pelajar ke luar negeri. Foto/Ist
JAKARTA - Salah satu syarat untuk melakukan studi di luar negeri adalah memiliki visa pelajar. Dokumen ini dikeluarkan pemerintah sebuah negara kepada pelajar yang terdaftar di lembaga pendidikan dan memenuhi syarat negara tersebut.

Visa pelajar hanya dapat digunakan pelajar untuk kepentingan studi. Kegiatan di luar studi, seperti bekerja, membuka suatu bisnis, atau melakukan politik resmi, tidak diperbolehkan. Walaupun di beberapa negara seperti Belanda misalnya, kerja paruh waktu masih diperbolehkan namun dengan jam kerja yang terbatas.



Jangka waktu berlakunya visa pelajar juga bervariasi. Tergantung dengan kebijakan setiap negara. Apabila masa studi melebihi jangka waktu visa maka dokumen tersebut wajib untuk diperbarui.

Melansir dari laman resmi Schoters di schoters.com, Kamis (13/1/2022) simak bagaimana cara mengajukan visa pelajar dan tips yang bisa dilakukan jika ingin studi keluar negeri.

A. Cara Mengajukan Visa Pelajar

Langkah 1: Registrasi akun dan cek informasi di kedutaan atau visa center negara yang dituju

Hal pertama yang harus dilakukan adalah registrasi melalui website resmi kedutaan besar atau Visa Center negara yang dituju. Hal ini untuk bisa mengakses berbagai informasi, seperti syarat, ketentuan, dan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk mengajukan visa pelajar.

Selain itu, pada website tersebut biasanya juga dapat langsung mendaftarkan jadwal wawancara dan verifikasi dokumen.

Langkah 2: Siapkan dokumen yang diperlukan
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More