Tak Mau Gagal di SNMPTN? Ini 9 Kesalahan yang Harus Dihindari

Senin, 24 Januari 2022 - 11:34 WIB
Penilaian utama SNMPTN adalah berdasarkan nilai rapor. Untuk itu, sebelum memilih jurusan dan mendaftar SNMPTN, sebaiknya hitung dulu nilai rata-rata rapor untuk memaksimalkan peluang lolos. Lihat nilai rapor dari kelas 10, bukan hanya nilai di kelas 12 saja.

Melakukan analisis nilai rapor penting untuk membuat prediksi kelulusan. Jika nilai rapor konsisten naik dengan nilai rata-rata tinggi, maka ada kesempatan untuk memilih jurusan favorit dengan keketatan yang tinggi.

Namun, apabila nilai rapor biasa-biasa saja, akan lebih bijak jika memilih jurusan dengan persaingan yang aman atau yang tidak banyak diminati.

6. Tidak melampirkan sertifikat prestasi lainnya

Perjuangan keras meraih prestasi diberbagai bidang lomba bisa menjadi nilai tambah mendaftar SNMPTN. Sertifikat atau piagam penghargaan yang dapat dilampirkan tidak lebih dari tiga tahun sejak kamu mendapatkannya. Umumnya, piagam atau sertifikat setara tingkat nasional dan internasional memiliki bobot nilai yang lebih baik.

7. Asal pilih jurusan

Pilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat. Jangan memilih jurusan karena ikut-ikutan, apalagi disuruh guru. Setelah yakin dengan pilihan itu, baru pertimbangkan daya tampung dan keketatan jurusan. Apabila nilai rapor tidak begitu bagus, bisa mencari alternatif jurusan lain yang sesuai dengan nilai yang dimiliki.

Jangan langsung menyerah, atau memilih jurusan sepi peminat yang sebenarnya kurang disukai. Nilai mata pelajaran yang terus meningkat juga bisa jadi acuan dalam memilih jurusan,.

Lihat nilai mata pelajaran apa yang paling stabil dan meningkat dari semester 1 hingga 5. Sebab, penilaian SNMPTN akan melihat nilai mata pelajaran yang sesuai dengan program studi pilihan kamu. Contohnya, bagi yang ingin memilih jurusan Manajemen, maka nilai mata pelajaran IPS seperti Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi harus baik.

8. Deadliner/daftar mendekati deadline
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More