Mahasiswa Perlu Tahu, Begini Persiapan untuk Memasuki Dunia Kerja

Jum'at, 18 Maret 2022 - 10:52 WIB
Persiapan untuk memasuki dunia kerja yang perlu mahasiswa ketahui. Foto/Bigthinkedge.com
JAKARTA - Dewasa ini, mendapatkan pekerjaan impian bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Meski era digital dan teknologi berkembang pesat, namun tingkat persaingan dalam dunia kerja juga cukup ketat. Oleh karena itu, sebelum memasuki dunia kerja ada banyak hal yang harus disiapkan para mahasiswa yang ingin bekerja setelah lulus nanti.

Asistant Vice President BRI Andika Arif Rahmansyah mengungkapkan ada dua jurus sederhana untuk meraih karier. Hal itu adalah mimpi dan keberuntungan.

Andika mengungkapkan, mimpi adalah kunci dalam meraih karier. Menurutnya, keberuntungan bukan muncul secara tiba-tiba. Keberuntungan muncul apabila ada kesiapan dalam diri dan adanya kesempatan.

“Maka kalau kita sudah siap dengan segala kondisi, dengan segala kapasitas, ada kesempatan untuk maju, maka itu yang dikatakan keberuntungan,” jelasnya mengutip laman resmi Unair, Jumat (18/3/2022).

Baca: Ini 7 Kandidat Calon Rektor Universitas Gadjah Mada Periode 2022—2027

Alumnus Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Unair angkatan 2004 itu menjelaskan bentuk kesiapan yang dapat dilakukan calon pelamar kerja. Hal itu meliputi belajar dengan keras, disiplin, konsisten, meningkatkan hardskill dan softskill, dan bersosialisasi dengan baik. Selain itu, Andika juga menyebut beberapa hal penting untuk disiapkan sebelum melamar pekerjaan.

Persiapan sebelum melamar kerja:

1. Memiliki pengalaman organisasi, volunteer, magang, ataupun pelatihan akan menambah nilai lebih untuk dilirik recruiter.

2. Menata ulang resume atau CV dengan menyampaikan sesuatu hal yang membuat recruiter yakin bahwa kita adalah kandidat terbaik untuk posisi yang ada.

3. Membranding media sosial dengan mencantumkan hal-hal yang menggambarkan diri kita.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More