UNS Buka 2 Fakultas Baru, Yuk Daftar

Sabtu, 26 Maret 2022 - 12:19 WIB
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Universitas Sebelas Maret ( UNS ) Surakarta resmi menambah dua fakultas baru. Kedua fakultas baru yang bisa jadi incaran mahasiswa baru itu adalah Fakultas Psikologi serta Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data.

Keputusan resmi pembukaan Fakultas Psikologi UNS tertuang dalam SK Rektor No. 319/UN27/HK/2022. Sedangkan keputusan resmi pembukaan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data UNS tertuang dalam SK Rektor No. 320/UN27/HK/2022. Kedua Surat Keputusan (SK) Rektor UNS tersebut diterbitkan tertanggal 11 Maret 2022.

Kehadiran fakultas-fakultas baru di lingkungan UNS turut disertai dengan banyak harapan. Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho kepada Fakultas Psikologi yang sebelumnya telah 17 tahun berdiri sebagai Program Studi (Prodi) berharap adanya perkembangan yang lebih cepat dan lebih baik lagi ke depannya.

Baca: KIP Kuliah Merdeka 2022, Ini Syarat, Jadwal, dan Cara Daftarnya



“Fakultas Psikologi juga sudah lama sebagai Prodi. Kita harapkan dengan meningkatnya Prodi menjadi fakultas, perkembangan Fakultas Psikologi ke depan jauh lebih cepat dan lebih baik,” harapnya, dilansir dari laman resmi UNS, Kamis (24/3/2022).

Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data UNS juga dinilai oleh Prof. Jamal sebagai fakultas yang futuristik. Fakultas tersebut sangat sesuai dengan era disrupsi dan revolusi industri 4.0 seperti sekarang.

Pembukaan fakultas baru kali ini melalui proses yang berbeda mengingat status UNS yang kini telah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH). Prof. Jamal menyampaikan otonomi pendidikan yang dimiliki UNS sekarang mendorong adanya regulasi baru untuk membuka fakultas, prodi, dan lainnya.

“Prosesnya diajukan oleh rektor kepada Senat Akademik dan ditelaah oleh Senat Akademik. Setelah itu direkomendasikan oleh Senat Akademik untuk bisa dibuka kedua fakultas itu,” tutur Prof. Jamal.

Prof. Jamal juga menjelaskan suatu model berbeda terkait penambahan fakultas baru kali ini. Selaku Rektor UNS, dia menuturkan tidak berencana akan ada dekan baru untuk fakultas-fakultas tersebut. Hal ini didasarkan atas status PTNBH yang disandang UNS sehingga lebih ramping secara struktural tetapi memiliki fungsi yang kaya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More