4 Perbedaan Bahasa Mandarin dan Kanton dari Negeri Cina

Senin, 01 Agustus 2022 - 11:58 WIB
Bahasa Lisan dan Kosakata

Dalam bahasa lisan, bahasa Kanton dan bahasa Mandarin tidak dapat saling menggantikan. Kebanyakan penutur bahasa Mandarin tidak mengerti bahasa Kanton, hal ini berlaku sebaliknya.

Adanya perbedaan intonasi, nada, dan pengucapan ditambah perbedaan suku kata membuat kedua bahasa ini benar-benar berbeda. "Apakah kamu sudah makan?" dalam bahasa Mandarin adalah 你吃了吗? (Nǐ chīle ma?). Sementara dalam bahasa Kanton adalah 你食咗未呀? (Nǐ shí zuo wèi ya?). Berbeda sekali, bukan?

Perbedaan Tata Bahasa

Ada banyak perbedaan tata bahasa dalam bahasa Mandarin maupun Kanton, namun yang paling jelas adalah urutan untuk kata keterangan dan objek ganda.

Dalam bahasa Mandarin, pola kalimat biasa adalah subjek → kata keterangan → kata kerja. Sementara dalam bahasa Kanton berlaku subjek → kata kerja → kata keterangan.

Hal ini juga berlaku untuk kalimat yang mengandung objek langsung dan tidak langsung. Jika dalam bahasa Mandarin ada kalimat "dia memberiku uang", dalam bahasa Kanton akan menjadi "dia memberi uang kepadaku."

Nah, demikianlah 4 perbedaan bahasa Mandarin dan bahasa Kanton yang perlu kamu ketahui. Kesimpulannya, bahasa yang digunakan di Cina atau Tiongkok mayoritasnya adalah Mandarin dan bahasa Kanton. Keduanya adalah bahasa yang berbeda satu sama lain.

Bagi kamu yang ingin belajar bahasa Mandarin dan mengetahui lebih jauh mengenai penggunaannya, kamu bisa kursus di Cakap, lho! Pembelajaran akan disesuaikan dengan tingkat kemampuanmu dan kamu bebas untuk menentukan sendiri jadwal belajarmu. CM
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(srf)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More