Ini 5 Keunggulan Sekolah Kedinasan Dibanding Kampus Lainnya

Kamis, 06 Oktober 2022 - 17:13 WIB
6. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

7. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)

8. Politeknik Imigrasi (Poltekim).

Bagi kalian yang masih bingung mau meneruskan pendidikan tinggi ke mana, berikut ini sejumlah keunggulan sekolah kedinasan dibandingkan perguruan tinggi lainnya yang dikutip dari berbagai sumber.

Baca juga: Dr. Arie Sujito, Wakil Rektor UGM yang Tetap Aktif Kenalkan Pencak Silat ke Nusantara

1. Biaya terjangkau hingga gratis

Sekolah kedinasan merupakan institusi pendidikan tinggi naungan suatu kementerian atau lembaga. Melalui ikatan dinas, mahasiswanya pun akan digratiskan dari biaya kuliah hingga lulus. Bagi yang non ikatan dinas, biaya kuliah di perguruan tinggi kedinasan masih lebih murah dibanding perguruan tinggi negeri maupun swasta lainnya.

2. Jaminan bekerja setelah lulus

Bagi lulusan ikatan dinas maka setelah lulus kuliah bisa langsung diangkat menjadi CPNS di lembaga yang menaunginya. Misalnya lulusan PKN STAN bisa mengabdi di Kementerian Keuangan, ataupun SDM yang kompeten bidang keuangan negara di pemerintah daerah dan instansi lainnya.

Bagi alumni non ikatan dinas akan memperoleh ijazah sama seperti alumni perguruan tinggi pada umumnya. Selain bisa memiliki prospek kerja di luar lembaga pemerintah, lulusan PTK non ikatan dinas juga berpeluang menjadi ASN melalui tes CPNS.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More