Universitas Indonesia Jadi Kampus Berkelanjutan Terbaik Nasional versi UI GreenMetric 2022

Senin, 12 Desember 2022 - 17:39 WIB
UI GreenMetric World University Rankings 2022 mengumumkan penghargaan pemeringkatan di bidang keberlanjutan untuk level Indonesia dan internasional. Untuk level Indonesia, UI meraih predikat Kampus Berkelanjutan Terbaik, lalu Undip, dan UGM. Foto/R Ratna
DEPOK - UI GreenMetric World University Rankings 2022 mengumumkan penghargaan pemeringkatan di bidang keberlanjutan untuk level Indonesia dan internasional, pada Senin (12/12/2022) di Balai Sidang Universitas Indonesia (UI), Kampus Depok dan ditayangkan di YouTube resmi UI. Untuk level Indonesia, UI meraih predikat Kampus Berkelanjutan Terbaik, lalu Universitas Diponegoro, kemudian Universitas Gadjah Mada.

UI GreenMetric merupakan satu-satunya pemeringkatan perguruan tinggi internasional yang dibuat oleh perguruan tinggi Indonesia. Acara dihadiri oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Prof. Ir. Nizam, Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Ir. Laksmi Dhewanthi, Sekretaris Universitas, dr. Agustin Kusumayati, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi dan Prof. Dr. Riri Fitri Sari selaku Kepala UI GreenMetric yang menginiasi UI GreenMetric sejak 13 tahun lalu.

Baca juga: Dukung Sustainability, ITS Masuk 5 Besar Nasional UI Greenmetric 2022



Selain kategori Kampus Berkelanjutan Terbaik, UI GreenMetric memberikan empat penghargaan lainnya bagi perguruan tinggi. Pertama, penghargaan “The 2022 Most Sustainably Improved University” dianugerahkan kepada Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Kedua, “The 2022 Most Active University in UI Greenmetric World University Rankings Network-Indonesia” diberikan kepada Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Ketiga, “The 2022 Most Sustainably Innovative University diberikan kepada Universitas Hasanuddin. Terakhir, “The 2022 Best New Participating University, diberikan kepada dan Institut Bio Scientia Internasional Indonesia.

UI GreenMetric juga mengumumkan fakultas/sekolah/program pendidikan vokasi di lingkungan UI yang paling berkelanjutan. Peringkat pertama diraih oleh Fakultas Teknik, peringkat kedua diraih oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan peringkat ketiga diberikan kepada Fakultas Psikologi sebagai fakultas berkelanjutan terbaik.

UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi pada pengelolaan lingkungan hidup kampus. Kini, UI GreenMetric of World Universities semakin mendunia dan semakin banyak diikuti oleh perguruan tinggi di berbagai negara.

Pada tahun ini, jumlah peserta mencapai 1050 universitas dari 85 negara di dunia, bertambah dari sebelumnya (2021) sebanyak 956 Perguruan Tinggi dari 80 negara. Di Indonesia, terdapat 126 Perguruan Tinggi yang telah berpartisipasi dalam UI GreenMetric. Penilaian UI GreenMetric 2021 dilandasi atas tiga pilar, yakni Lingkungan hidup, Economi, dan sosial dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Pengelolaan Sampah (18%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%), serta Pendidikan dan Riset (18%).

Baca juga: Terima Hibah PKKM Rp1,5 M, Universitas Pamulang Optimalkan Pengembangan Prodi Teknik Informatika

Rektor UI, Ari Kuncoro mengapresiasi pemeringkatan UI GreenMetric yang berasal dari UI dan sudah mendunia seperti saat ini. Tahun ini proses belajar-mengajar sudah berjalan ekstensif, kembali memanfaatkan infrastruktur kampus. Berbagai inovasi telah dilakukan dengan penyesuaian kebiasaan baru agar lebih bersih, sehat, dan lestari. Pengelolaan perguruan tinggi untuk menjadi pusat perwujudan ekonomi hijau terus dilakukan. Dampak kegiatan kampus bagi lingkungan hidup, sosial, dan ekonomi masyarakat diupayakan dalam banyak program yang diinisiasi dosen. “Kerja sama antar perguruan tinggi dunia maupun di Indonesia terlihat dari antusiasme untuk berpartisipasi dalam pemeringkatan ini dan melakukan transformasi di kampusnya,” katanya, Senin (12/12/2022).
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More