Dukung Sustainability, ITS Masuk 5 Besar Nasional UI Greenmetric 2022

Senin, 12 Desember 2022 - 17:03 WIB
loading...
Dukung Sustainability, ITS Masuk 5 Besar Nasional UI Greenmetric 2022
ITS meraih peringkat lima besar Perguruan Tinggi Berkelanjutan Terbaik versi UI Greenmetric World University Rankings 2022. Foto/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ) terus menunjukkan semangatnya berkomitmen dalam berkontribusi untuk pembangunan berkelanjutan atau sustainability. Kali ini, semangat tersebut dibuktikan dengan keberhasilan ITS meraih peringkat lima besar Perguruan Tinggi Berkelanjutan Terbaik versi UI Greenmetric World University Rankings 2022 yang secara resmi diumumkan di Universitas Indonesia (UI), Senin (12/12/2022) siang.

Diumumkan secara daring dan luring, ITS berhasil meraih posisi lima besar dari 126 perguruan tinggi di Indonesia. Secara bersamaan, ITS juga menempati peringkat 41 di tingkat internasional yang melibatkan 1.050 universitas dari 85 negara di seluruh dunia.

UI Greenmetric merupakan pemeringkatan perguruan tinggi kelas dunia gelaran UI yang menitikberatkan penilaian pada komitmen pengelolaan lingkungan kampus. Pada tahun 2022 ini, terdapat 36 indikator penilaian UI Greenmetric yang dibagi ke dalam enam kriteria dengan bobot yang berbeda untuk masing-masing kriteria.

Baca juga: 21 PTN yang Kuota Masuk Jalur Mandirinya 50%, Cek Daftarnya di Bawah Ini

Enam kriteria yang dimaksud adalah Pengaturan dan Infrastruktur dengan persentase poin 15 persen, Energi dan Perubahan Iklim dengan persentase poin 21 persen, Limbah dengan persentase poin 18 persen, Air dengan persentase poin 10 persen, Transportasi dengan persentase poin 18 persen, serta Pendidikan dan Penelitian dengan persentase poin 18 persen. Dari enam kriteria ini, ITS berhasil meraih total poin 8.650 dengan poin tertinggi terletak pada kriteria Pendidikan dan Penelitian.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan PT Garuda Indonesia, Tak Harus Jadi Pilot-Pramugari

Ketua Unit Pengembangan Smart Eco Campus ITS Susi Agustina Wilujeng menyebutkan, pencapaian ini semua merupakan pekerjaan ITS selama satu tahun ke belakang. Semua pihak mengambil peran untuk memenuhi tugas setiap kriteria sesuai dengan posisinya masing-masing. “Oleh karena itu, pencapaian ini bukan hanya diraih oleh Unit Pengembangan Smart Eco Campus ITS, melainkan juga semua pihak di ITS,” ungkapnya, melalui siaran pers, Senin (12/12/2022).

Susi berharap, melalui prestasi ini seluruh warga kampus ITS semakin semangat dalam menjalani kesehariannya dengan semangat sustainability. Sebab, menurutnya, jika berbicara mengenai sustainability maka itu akan kembali kepada manusia sendiri. “Semua dapat dimulai dari sikap kita, seperti mengurangi sampah, hemat energi, mengurangi emisi karbon, dan hemat air,” pungkas dosen Departemen Teknik Lingkungan tersebut.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2346 seconds (0.1#10.140)