Ukrida Rayakan Dies Natalis ke-56, Begini Pesan Mendikbudristek

Selasa, 24 Januari 2023 - 15:11 WIB
loading...
Ukrida Rayakan Dies Natalis ke-56, Begini Pesan Mendikbudristek
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim hadir secara online di Dies Natalis ke-56 Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida). Foto/Ukrida.
A A A
JAKARTA - Universitas Kristen Krida Wacana ( Ukrida ) merayakan Dies Natalis yang ke-56, yang mengusung tema “Let Your Light Shine”. Hadir secara virtual Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Mendikbudristek ) Nadiem Anwar Makarim yang menyampaikan makna penting MBKM.

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengucapkan selamat atas Dies Natalis Ukrida ke-56. Selain itu Mendikbudristek juga menyampaikan optimismenya menghadapi tahun 2023 karena semangat kolaborasi perguruan tinggi dengan dunia industri.

“Melalui program MBKM saat ini lebih dari 400.000 mahasiswa Indonesia sudah terpenuhi haknya untuk belajar di luar kampus, dan lebih membanggakan lagi saat ini sejumlah 60% mahasiswa peserta Kampus Merdeka merupakan mahasiswa yang mengikuti program MBKM yang diselenggarakan oleh kampus masing-masing,” katanya, dalam keterangan resmi, Selasa (24/1/2023).

Memasuki usianya yang ketiga, ujar Nadiem, MBKM bukan lagi sebagai program tetapi sudah menjadi gerakan dan budaya baru sektor pendidikan di Indonesia yang lebih inovatif dan kolaboratif. Karena itu, kata Nadiem, diharapkan mahasiswa akan lebih terbuka terhadap perubahan dan inovasi.

Baca juga: BuddyKu dan iNews Goes to Bandung, Berbagi Tips Public Speaking kepada Mahasiswa

Rangkaian acara Dies diawali Ibadah Syukur oleh Pendeta Ronny Nathanael. Dalam renungan pengantarnya, Pendeta Ronny Nathanael mengajak seluruh sivitas akademika Ukrida dalam karyanya agar terus melakukan yang terbaik secara benar sehingga dampak baiknya juga dirasakan masyarakat. Hal ini merupakan wujud nyata dari Ukrida sebagai pembawa lentera yang membagi terang kebaikan bagi banyak orang.

Sementara itu, Rektor Ukrida, Dr. dr. Wani Devita Gunardi mengatakan melalui Dies Natalis yang ke-56 yang dihelat Jumat (20/1/2023), Ukrida tertantang untuk lebih memancarkan sinarnya melalui prestasi dari karya-karyanya.

Menutup tahun 2022 Ukrida memperoleh hasil penilaian akreditasi dari dua program studi, yaitu Informatika yang mengalami kenaikan peringkat akreditasi menjadi Baik Sekali dan program studi Akuntansi yang mengalami kenaikan peringkat akreditasi menjadi Unggul.

Kedua program studi tersebut menjalani serangkaian proses akreditasi oleh LAM-INFOKOM untuk Informatika, dan LAM-EMBA untuk program studi Akuntansi. Untuk program studi Akuntansi sebelumnya juga meraih sertifikat ISO 21001: 2018 dari British Standard Institution.

Ketua Umum Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Tinggi Kristen Krida Wacana Oki Widjaja mengulas sejarah pendirian Ukrida dan mengingatkan kembali bahwa Ukrida dihadirkan dari “rusuk” BPK Penabur (pada waktu itu masih bernama Komisi Pembantu Setempat – KPS).

Dia juga mengingatkan beberapa hal yang didasarkan pada Indikator Kinerja Utama (IKU) universitas yang dicanangkan oleh Ditjen Dikti Kemendikbudristek. Antara lain universitas bisa menjadi semakin relevan dengan kebutuhan masyarakat, dan ini merupakan arti dari implementasi program MBKM.

Baca juga: ITERA Resmi Buka Prodi S1 Pariwisata, Daftar di SNBP, SNBT, dan Mandiri

Selain itu, mahasiswa juga diperkaya melalui program praktisi mengajar. Program studi juga didesain agar menjadi kolaboratif dan partisipatif sehingga mahasiswa akan lebih terbuka wawasan keilmuannya, bukan hanya dengan pembelajaran searah. “Ini akan memaknai Ukrida sebagai pembawa lentera yang bersinar berdampak baik bagi masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa,” pungkasnya.

Dies Natalis ke-56 Ukrida juga menghadirkan orasi ilmiah oleh Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ukrida Dr. Soegeng Wahyoedi yang berjudul Modal Insani sebagai Pemacu Pertumbuhan Ekonomi Jangka Panjang Pasca Pandemi Covid-19, Komparasi Negara-negara ASEAN-5.

Pada bagian lain acara Dies Natalis Ukrida ke-56 juga memberikan penghargaan Satya Karya kepada dosen dan tenaga kependidikan yang telah mencapai masa bakti 25 tahun. Ukrida juga memberikan penghargaan kepada mitra, baik di dalam maupun luar negeri, melalui “Ukrida Jaya Partnership Awards 2023”.

Penghargaan juga diberikan kepada dosen dan tenaga kependidikan terbaik dari berbagai jenjang melalui Ukrida Jaya Awards 2023. Selain itu, lima program studi terbaik juga menerima Ukrida Jaya Awards, yaitu Akuntansi, Keperawatan, Psikologi, Magister Manajemen, dan Teknik Elektro.

Penghargaan terakhir diberikan kepada Mitra Sekolah Terbaik, sekolah juga menjadi mitra yang penting dalam mengembangkan berbagai kegiatan, baik bagi sekolah maupun universitas. Adapun penghargaan diberikan kepada SMAK 2 BPK Penabur Jakarta, SMAN 2 Jakarta, SMAN 95 Jakarta, SMA Kristen Kalam Kudus 3 Jakarta, dan SMK Cinta Kasih Tzu Chi Jakarta.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)