Dukung MBKM, LLDikti III-Untar Gelar Festival Kehumasan Perguruan Tinggi II

Rabu, 25 Januari 2023 - 16:18 WIB
loading...
Dukung MBKM, LLDikti III-Untar Gelar Festival Kehumasan Perguruan Tinggi II
LLDikti wilayah III berkolaborasi dengan Universitas Tarumanagara (Untar) dalam penyelenggaraan Festival Kehumasan Perguruan Tinggi II. Foto/LLDikti III.
A A A
JAKARTA - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah ( LLDikti ) wilayah III berkolaborasi dengan Universitas Tarumanagara (Untar) dalam penyelenggaraan Festival Kehumasan Perguruan Tinggi II. Peran humas dinilai penting untuk mendukung program MBKM .

Dalam sesi talkshow, Kepala LLDikti Wilayah III Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani menyampaikan saat ini tugas humas semakin kompleks. Tidak hanya membangun reputasi institusi namun juga menangani komunikasi dengan pemangku kepentingan, yaitu perguruan tinggi untuk menciptakan iklim yang kondusif.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan menjelaskan “Kehadiran profesi humas di era society 5.0 sangat dibutuhkan sebagai representasi dan wujud dari citra perguruan tinggi. Selain itu Humas juga dituntut untuk terus berinovasi sesuai dengan tuntutan zaman,” katanya, dalam keterangan resmi, Rabu (25/1/2023).

Baca juga: Unpad Tambah 11 Guru Besar Baru, Berikut Profil Singkatnya

Peran Humas juga penting dalam mendukung sosialisasi program-program pemerintah, dalam hal ini adalah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Mengingat begitu kompleksnya tugas Humas, maka buah kolaborasi kehumasan pendidikan tinggi dari LLDikti Wilayah III adalah dengan menyelenggarakan Festival Kehumasan II sebagai bentuk fasilitasi peningkatan mutu perguruan tinggi dalam bentuk publikasi MBKM.

Dalam hal ini pula, LLDikti Wilayah III melihat percepatan pergerakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di kampus-kampus Jakarta tanpa adanya dikotomi, kampus negeri dan kampus swasta.

Turut hadir pula Koordinator Substansi Umum, Humas, dan Kerja Sama Ditjen Diktiristek Yayat Hendayana dan Doddy Zulkifli Indra Atmaja, selaku pemapar materi tentang Kehumasan Pendidikan Tinggi, yang menuturkan bahwa kehumasan pendidikan tinggi berperan penting.

Baca juga: 906 Mahasiswa Pascasarjana UGM Diwisuda, Ini Daftar Wisudawan Terbaiknya

Hal ini karena kehumasan pendidikan tinggi terdiri dari manajemen komunikasi dan hubungan antara perguruan tinggi dengan berbagai pihak yang terkait dengannya, termasuk mahasiswa, dosen, staf, alumni, media, pemerintah, dan masyarakat.

Tugas utama dari kehumasan pendidikan tinggi adalah membangun dan menjaga reputasi perguruan tinggi, serta menangani komunikasi dan kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait. Ini termasuk menyebarluaskan informasi tentang perguruan tinggi, mengelola krisis komunikasi, dan membina hubungan baik dengan berbagai pihak yang terkait dengan perguruan tinggi.

Acara ini dilaksanakan secara hibrida di Kampus 1 Universitas Tarumanagara, Aula Gedung M, Selasa 24 Januari 2023. Selain Focus Group Discussion, acara ini juga menghadirkan talkshow dan penandatanganan nota kesepahaman antara LLDikti Wilayah III bersama PT. Mataer Digital.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2376 seconds (10.101#12.26)