Diimplementasikan Lebih dari 140 Ribu Sekolah, Apa Keunggulan Kurikulum Merdeka?

Sabtu, 28 Januari 2023 - 15:34 WIB
loading...
Diimplementasikan Lebih dari 140 Ribu Sekolah, Apa Keunggulan Kurikulum Merdeka?
Sejak diluncurkan 2022 lalu, Kurikulum Merdeka telah diimplementasikan oleh lebih dari 140 ribu sekolah. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Sejak diluncurkan 2022 lalu, Kurikulum Merdeka telah diimplementasikan oleh lebih dari 140 ribu sekolah . Kurikulum Merdeka dinilai lebih fleksibel, berfokus pada materi esensial, dan memberikan ruang lebih besar kepada pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik.

Plt Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran (Puskurjar), Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Zulfikri Anas mengklaim, Kurikulum Merdeka telah diimplementasikan oleh lebih dari 140 ribu sekolah.

Baca juga: Hadiri Ibadah Natal dan Imlek Ikatan Alumni SMAN 2 Jakarta, Ini Pesan Mantan Kasal Marsetio

Sehingga, kata Anas, kurikulum bukan hanya sebatas pergantian dokumen pembelajaran semata. Namun, jadi ajang memperbaiki kualitas belajar peserta didik serta meningkatkan kualitas hubungan guru dengan para peserta didiknya.

“Penekanannya di sini adalah seberapa jauh terjadinya perubahan proses belajar supaya penuntasan penyampaian materi sekarang lebih kepada pelayanan terhadap anak, sehingga setiap anak dapat menemukan cara terbaik bagi dirinya untuk tumbuh dan berkembang,” ujar Anas dalam keterangannya, Sabtu (28/1/2023).

Baca juga: Djan Faridz Hadiri Perayaan Nataru-Imlek Alumni SMAN 2 Jakarta

Lebih lanjut, Anas menuturkan, Kemendikbudristek melalui kurikulum merdeka, sejatinya bukanlah mempersulit guru. Namun, justru mempermudah proses belajar dan mengajar.

“Sehingga Bapak atau Ibu guru bisa mewujudkan suasana belajar yang interaktif, bermakna, mendalam, dan si anak merasa menemukan dunia belajarnya di situ,” paparnya.

Anas berpesan bahwa nahkoda yang tangguh tidak pernah lahir dari laut yang tenang. Oleh karena itu, ia mengajak para guru agar menjadi ‘nahkoda’ yang tangguh.

“Semua persoalan yang kita hadapi saat ini akan mematangkan dan memperkaya kita sebagai guru. Sebab, guru-guru yang hebat tidak akan pernah lahir (jika tidak ada) murid yang bermasalah,” pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3229 seconds (0.1#10.140)