Bahas Pendidikan, Bacaleg DPRD Kabupaten Bogor Partai Perindo: Guru Harus Upgrade Skill

Minggu, 29 Januari 2023 - 19:10 WIB
loading...
Bahas Pendidikan, Bacaleg DPRD Kabupaten Bogor Partai Perindo: Guru Harus Upgrade Skill
Bacaleg DPRD Kabupaten Bogor Dapil 1 Partai Perindo Kusmiati Umar Syarif dalam Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia dalam siaran YouTube Partai Perindo, Minggu (29/1/2023). Foto/Tangkapan layar
A A A
BOGOR - Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Kabupaten Bogor Dapil 1 Partai Perindo Kusmiati Umar Syarif menyebut pentingnya untuk mengupgrade skill para guru dalam kegiatan belajar. Karena, metode pembelajaran siswa pada jaman dahulu berbeda dengan zaman milenial.

Hal itu dikatakan Kusmiati dalam Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia dalam siaran YouTube Partai Perindo, Minggu (29/1/2023).



"Cara mendidik harus diupgrade. Teacher itu harus mengupgrade skillnya harus menaikan kemampuan mengajarnya jadi anak zaman milenal tidak mungkin diberikan dengan metode ceramah, mereka bisa tidur dengan baik di kelas," kata Kusmiati.

Menurutnya, persoalan pendidikan akan berbeda-beda di setiap daerah. Sehingga, yang paling penting untuk mengatasi dan meningkatkan kualitas siswa dengan mengoptimalkan kemampuan guru.

"Tapi kalau kita bisa mengupgrede mampu adaptasi ya Insya Allah anak-anak pasti akan berkembang sesuai dengan jamannya," ungkapnya.



Salah satu yang perlu diupgrade yakni terkait digitalisasi. Bagaimana seorang guru atau tenaga didik bisa mengoperasikan perkembangan teknologi yang ada dalam menyampaikan pembelajaran.

"Sekarang jamannya digital, tapi gurunya gak pernah pake infokus, gak pake digital maka anak-anak akan bete. Tingkat bete anak yang belajar serius pun tingkat bete anak itu serius 30 menit seterusnya bete apapagi gurunya tidak tahu sama sekali digital. Upgrading teachers skillnya wajib," tuturnya.

Sementara itu, tambah Kusmiati, terkait kualitas sekolah juga dikembalikan kepada kebijakan atau visi misi dari sekolah tersebut khususnya swasta. Karena, dinilai sulit untuk meratakan kualitas sekolah.

"Kalau masalah kualitas kembali lagi kepada sekolah masing-masing mau berkembang atau maju tidak? Itu tergantung dari owner khususnya swasta karena owner beda-beda ya. Susah meratakan itu karena perkembangan sekolah tidak merata juga. Tetapi apa pun situasi dan kondisinya yang terpenting adalah itu perkembangan SDM-nya," tutupnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2449 seconds (0.1#10.140)