3 Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru UB 2023, 38 Jurusan Terakreditasi Unggul

Selasa, 31 Januari 2023 - 12:03 WIB
loading...
3 Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru UB 2023,  38 Jurusan Terakreditasi Unggul
Universitas Brawijaya (UB) akan membuka tiga jalur penerimaan mahasiswa baru. Yaitu SNBP, SNBT, dan jalur Seleksi Mandiri. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Universitas Brawijaya (UB) akan membuka tiga jalur penerimaan mahasiswa baru pada 2023 ini. UB memiliki 80 jurusan kuliah dan sebanyak 38 jurusan di antaranya telah terakreditasi Unggul.

Universitas Brawijaya yang berlokasi di Malang, Jawa Timur didirikan pada 11 Juli 1961. PTN yang namanya diambil dari gelar raja-raja Majapahit ini berubah menjadi universitas negeri pada 5 Januari 1963.

Universitas Brawijaya yang saat ini dipimpin oleh Prof Widodo menjadi salah satu universitas terkemuka nasional dengan lebih dari 60.000 mahasiswa. Mereka tersebar di program sarjana, vokasi, magister, doktor, profesi, dan doktor spesialis.

3 Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Brawijaya 2023,

Seleksi mahasiswa baru jenjang Sarjana (S1) dan Diploma (D1-D4) 2023 secara umum terdiri dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri.

Baca juga: Kisah Serka Misran, Bintara TNI AU yang Raih Gelar Doktor dan Lulus Cum Laude

1. SNBP

Seleksi nasional berdasarkan prestasi berfokus pada pemberian penghargaan yang tinggi atas kesuksesan pembelajaran yang menyeluruh di pendidikan menengah.Seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP) menggantikan Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN). Pada jalur SNBP calon mahasiswa ditekankan memiliki kompetensi yang holistik dan lintas disipliner.

2. SNBT

Seleksi nasional berdasarkan tes kini berfokus pada kemampuan penalaran dan pemecahan masalah.
Seleksi berfokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah. Dalam seleksi berdasarkan tes, tidak ada lagi tes mata pelajaran, tetapi hanya tes skolastik yang mengukur empat hal yaitu potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4001 seconds (0.1#10.140)