Mengulas 2 Jurusan Langka yang Hanya ada di Unair

Selasa, 31 Januari 2023 - 14:59 WIB
loading...
Mengulas 2 Jurusan Langka yang Hanya ada di Unair
Unair memiliki 2 jurusan langka yaitu Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan serta jurusan Rekayasa Nanoteknologi. Foto/Laman Unair.
A A A
JAKARTA - Universitas Airlangga ( Unair ) memiliki dua jurusan langka yang hanya ada di Unair. Dua jurusan kuliah tersebut adalah Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan serta jurusan Rekayasa Nanoteknologi.

Dikutip dari laman Unair, Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan serta Rekayasa Nanoteknologi merupakan dua jurusan yang berada di Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin Unair.

Jurusan jenjang Sarjana (S1) Rekayasa Nanoteknologi di Unair fokus pada pengembangan nanoteknologi dalam bidang medis, energi dan lingkungan, industri, dan komputasi.

Baca juga: Alasan Penting Kenapa SNBP Menggunakan Nilai Rata-rata Semua Mata Pelajaran

Potensi kerja lulusan Rekayasa Nanoteknologi itu dapat memenuhi kebutuhan di bidang nanoteknologi medis, nanoteknologi energi dan lingkungan, industri nanoteknologi, dan komputasi nanoteknologi.

Mahasiswa Rekayasa Nanoteknologi akan menjalani sejumlah praktikum. Seperti praktikum Biologi Dasar, Kimia Dasar, Fisika Dasar, dan Nanoteknologi.

Selain praktikum, mahasiswanya juga akan menjalani magang di industri. Jurusan ini juga memiliki misi untuk pengabdian masyarakat dan kerja sama pendidikan dan pelatihan dengan berbagai institusi di dalam dan luar negeri.

Sementara jurusan jenjang Sarjana Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan itu fokus pada pengembangan integrasi antara robotika dan kecerdasan buatan untuk menghasilkan sistem yang cerdas (autonomous).

Baca juga: 3 Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru UB 2023, 38 Jurusan Terakreditasi Unggul

Jurusan ini memiliki misi untuk menciptakan lulusan yang mampu kembangkan metode kecerdasan buatan pada sistem fisik-siber (cyber physical system) yang otonomi (autonomous) pada aplikasi industri secara luas.

Selain itu jurusan ini juga mengembangkan penelitian dalam hal pengembangan metode dan implementasi kecerdasan buatan pada cyber physical system yang autonomous dan berorientasi pada aplikasi di dunia industri.

Sejumlah praktikum yang akan dijalani mahasiswa Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan adalah praktikum Pengukuran Dasar, Pemrograman Berorientasi Objek, Elektronika, dan Pembelajaran Mesin. Total SKS yang harus dipenuhi di jurusan ini sebanyak 157 SKS.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)