Podcast Aksi Nyata: Green Therapy Bantu Pemulihan Anak Berkebutuhan Khusus

Rabu, 01 Februari 2023 - 20:14 WIB
loading...
Podcast Aksi Nyata: Green Therapy Bantu Pemulihan Anak Berkebutuhan Khusus
Podcast Aksi Nyata Partai Perindo kembali hadir dengan tema Optimalisasi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Melalui Sekolah Alam. Foto/MPI/Nur Khabibi.
A A A
JAKARTA - Podcast Aksi Nyata Partai Perindo kembali hadir dengan tema Optimalisasi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus , Melalui Sekolah Alam. Guru ABK sekaligus Penanggung Jawab Divisi Inklusi Sekolah Alam Bambu Item (Sabit) Ajeng Nidar Ramanda hadir menjadi narasumber, Rabu (1/2/2023).

Ajeng menyatakan, untuk ABK, Sabit menyediakan terapi yang disebut Green Therapy. Green Therapy, menurutnya, memanfaatkan alam untuk memberikan terapi ke ABK.

Baca juga: Pelatihan Life Skill, Cara Latih Anak Berkebutuhan Khusus Tingkatkan Konsentrasi

"Karena mereka rata-rata ada keterbatasan sensor yang harus distimulasi terus, jadi di sini (Sabit) tempat yang cocok," kata Ajeng dalam Podcast Aksi Nyata Perindo, Rabu (1/2/2023).

Ia menjelaskan, di alam anak-anak yang mempunyai kebutuhan khusus ini dapat melatih pendengaran mereka. Yaitu melalui suara-suara natural yang dibunyikan hewan seperti ayam, burung, kodok, dan sebagainya.

Baca juga: 10 Ciri Anak Jenius, Nomor 7 Bikin Orang Tua Naik Darah

"Itu juga sudah melatih sensorik pendengaran mereka," ujarnya.

Selain itu, melatih sensorik juga bisa melalui melakukan kegiatan di alam bebas. Kegiatan itu dioptimalkan dengan tidak menggunakan alas kaki saat beraktivitas di alam.

"Jadi kita sebenarnya lebih kontekstual dengan lingkungan alam, bahkan pohon-pohon yang memiliki tekstur pun bisa menjadi terapi bagi anak-anak berkebutuhan khusus," ucapnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)