515 Mahasiswa IISMA Kembali ke Indonesia, Ditunggu Kontribusinya untuk Bangsa

Kamis, 02 Februari 2023 - 08:39 WIB
loading...
515 Mahasiswa IISMA Kembali ke Indonesia, Ditunggu Kontribusinya untuk Bangsa
Sebanyak 515 mahasiswa program IISMA 2022 telah tiba di Tanah Air setelah satu semester belajar di kampus top luar negeri. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Sebanyak 515 mahasiswa program Indonesian International Student Mobility Awards ( IISMA ) 2022 telah tiba di Tanah Air. Mereka telah menyelesaikan pembelajaran selama satu semester di berbagai perguruan tinggi kelas dunia.

515 mahasiswa itu terdiri dari 188 mahasiswa sarjana dan 327 mahasiswa vokasi. Penyambutan bagi ratusan mahasiswa ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi serta penyerahan kembali para mahasiswa kepada perguruan tinggi asal masing-masing.

Kepala Kantor Urusan Internasional Universitas Gadjah Mada (UGM) I Made Andi Arsana mengajak para mahasiswa untuk mengingat kembali apa yang mereka janjikan ketika menjalani proses seleksi dulu.

“Kini saatnya mewujudkan dan memenuhi janji tersebut dengan berkontribusi nyata bagi Indonesia,” katanya, melalui siaran pers, Kamis (2/2/2023).

Baca juga: Catat Daftar Universitas Dalam dan Luar Negeri untuk Beasiswa S2 Kominfo 2023

Sementara Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek Sri Gunani Partiwi menyampaikan selamat datang kembali di Indonesia kepada para mahasiswa IISMA tersebut. Setelah melalui proses pembelajaran bermakna di luar negeri, katanya, mahasiswa IISMA tentunya harus melanjutkan studinya untuk menjadi generasi unggul.

Total peserta IISMA jalur sarjana yang sudah kembali ke Indonesia adalah sebanyak 823 mahasiswa. Acara ini menjadi acara penyambutan yang ketujuh bagi peserta IISMA jalur sarjana dan yang pertama bagi peserta jalur vokasi.

Direktur Akademi Pendidikan Tinggi Vokasi, Benny Bandanadjadja, mengungkapkan rasa bangga terhadap para mahasiswa yang telah membuat Indonesia semakin dikenal di kancah dunia.

Baca juga: Undip Luluskan 3.037 Wisudawan, Ribuan Mahasiswa Lulus Cum Laude

“Keberadaan adik-adik di luar negeri ikut membuat Indonesia semakin dikenal. Kami berharap adik-adik dapat memberikan dampak positif untuk menularkan semangat. Paling tidak adik-adik sudah membawa bekal, kami berharap aura positif ini dapat ditularkan,” tuturnya.

Dalam acara penyambutan, sejumlah perwakilan peserta menceritakan pengalaman serta kesan selama mengikuti program IISMA di perguruan tinggi tujuan. Peserta IISMA jalur sarjana diwakili Syifani Ihfadza Aliyah, mahasiswa Universitas Indonesia yang mengikuti pembelajaran di Western University, Kanada.

Sementara itu, peserta jalur vokasi diwakili oleh Muhammad Robith, mahasiswa Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya yang mengikuti pembelajaran di TAFE International Western, Australia.

Siti Sahrian selaku Penanggung Jawab Program IISMA Jalur Vokasi dan Pengurus Urusan Internasional Politeknik Negeri Ujung Pandang menyampaikan rasa bangganya atas peran para mahasiswa dalam mempromosikan budaya Indonesia di luar negeri melalui pertunjukkan budaya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6660 seconds (0.1#10.140)