Top! ITS Naik 50 Peringkat Kampus Terbaik Dunia Versi Webometrics 2023

Jum'at, 03 Februari 2023 - 11:29 WIB
loading...
Top! ITS Naik 50 Peringkat Kampus Terbaik Dunia Versi Webometrics 2023
ITS naik 50 peringkat kampus terbaik dunia versi Webometrics Ranking Web of Universities periode Januari 2023. Foto/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Peringkat Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ) melesat 50 posisi untuk perguruan tinggi terbaik dunia menurut Webometrics Ranking Web of Universities periode Januari 2023. Ini sebagai upaya menjadi perguruan tinggi berkelas dunia.

Webometrics merupakan sistem pemeringkatan internasional yang menilai dampak konten website dan publikasi penelitian pada perguruan tinggi di dunia. Penilaian tersebut berguna untuk menyebarluaskan akses pengetahuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi. Dipublikasikan setiap tahun pada bulan Januari dan Juli, pemeringkatan ini menaungi 31.000 perguruan tinggi di seluruh dunia.

Sekretaris Institut ITS (SEKITS) Dr Umi Laili Yuhana mengungkapkan, berdasarkan hasil pemeringkatan dunia bulan Januari 2023, ITS melesat ke posisi 1.146 dari posisi 1.196 pada bulan Juli 2022.

Kenaikan sebanyak 50 peringkat tersebut dipicu oleh peningkatan di seluruh aspek penilaian Webometrics. “Peningkatan paling signifikan terjadi pada indikator Openness sebesar 161 posisi,” ungkap Yuhana, melalui siaran pers, Jumat (3/2/2023).

Baca juga: 10 PTS Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2023

Ia menambahkan, indikator penilaian lain yaitu Impact juga mengalami peningkatan dari yang sebelumnya peringkat 955 menjadi 917. Parameter penilaian pada aspek tersebut adalah jumlah jaringan eksternal (subnet) yang tertaut ke halaman website institusi.

Parameter ini dinilai melalui perangkat lunak Search Engine Optimization (SEO) Ahref dan Majestics, Impact memiliki bobot penilaian terbesar. “Bobotnya sebesar 50 persen dan ITS naik 38 posisi,” tambahnya.

Dosen Departemen Teknik Informatika ITS ini memaparkan, peningkatan kualitas pemberitaan institusi menjadi strategi dalam peningkatan indikator Impact. Selain itu, sentralisasi manajemen serta pemutakhiran informasi pada website ITS dilakukan demi menjamin informasi yang disajikan selalu terkini.

Tak hanya kualitas informasi, keamanan website juga ditingkatkan. “Untuk mereduksi adanya broken links dan tindakan kriminal siber,” ungkap Yuhana.

Sementara itu, Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) ITS Fadlilatul Taufany mengatakan bahwa pada indikator Openness, ITS berhasil menduduki peringkat 1.073 dari sebelumnya duduk pada posisi 1.234. Aspek tersebut menilai jumlah sitasi dari afiliasi peneliti dengan perguruan tinggi yang dinilai melalui profil Google Scholar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2295 seconds (0.1#10.140)