Ratusan Peserta Training Center Vokasi UMM Diberangkatkan ke Jepang

Senin, 06 Februari 2023 - 16:14 WIB
loading...
Ratusan Peserta Training Center Vokasi UMM Diberangkatkan ke Jepang
Ratusan peserta Training Center Vokasi UMM diberangkatkan dan bekerja di sederet bidang di Jepang. Foto/Dok/UMM
A A A
JAKARTA - Universitas Muhammadiyah Malang ( UMM ) berhasil menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul melalui berbagai cara. Salah satunya lewat training center (TC) Vokasi UMM yang mengantarkan anak-anak muda berkarya di Jepang.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T. dalam pelepasan peserta program kerja UMM ke Jepang. Acara yang dilaksanakan pada 6 Februari 2023 ini dihadiri ratusan tamu dan peserta TC.



Ada lebih dari 112 peserta TC Vokasi UMM yang akan diberangkatkan dan bekerja di sederet bidang. Mereka telah melewati proses persiapan, baik dari segi bahasa maupun mematangkan skill.

Apalagi para peserta TC memang diharuskan hidup di asrama selama 24 jam sehari untuk mengikuti persiapan intensif. Menariknya, mereka bahkan mampu lulus dalam waktu enam bulan, padahal targetnya adalah dua belas bulan.

Adapun periode ini mengisi slot 29 perusahaan yang berlokasi di 17 prefektur Jepang. Vokasi UMM dan tim TC juga menargetkan semua prefektur bisa ditempati sebagai wadah berkarya para peserta di tahun mendatang. Yakni sebanyak 47 prefektur atau provinsi yang ada di Jepang.



Dalam kesempatan itu, Wahid, sapaannya, juga memberikan kuliah tamu kepada para peserta yang akan berangkat. Menurutnya, Indonesia akan menghadapi sederet tantangan dunia yang mau tidak mau harus dikalahkan. Terutama di era yang menuntut untuk berinovasi seiring berkembangnya zaman.

“Pun dengan era globalisasi yang menuntut standar kerja berskala global. Diiringi dengan media sosial yang membuat kita harus peka akan keadaan masyasrakat. Tantangan lainnya adalah era gig economy yang di dalamnya anak-anak milenial akan menjadi pekerja temporer,” jelasnya.

Namun ia mengapresiasi UMM, khususnya tim Voksi yang sangat bagus untuk menyiapkan SDM unggul sebagai modal kemajuan bangsa melalui beragam program. Ia juga ingin agar anak-anak muda bis amengembangkan potensi dan kompetensi yang dibutuhkan dalam menghadapi perkembangan teknologi digital.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2243 seconds (0.1#10.140)